Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalMoney Politik Pilkada Kabupaten Malang, Satu Sidang Enam Belum Penuhi Syarat

Money Politik Pilkada Kabupaten Malang, Satu Sidang Enam Belum Penuhi Syarat

NUSADAILY.COM – MALANG – Tujuh orang yang diduga melakukan tindakan Money Politic selama Pilkada 2020 Kabupaten Malang lalu, saty diantaranya menjalani sidang Senin nanti (21/12). Satu orang lainnya belum bisa diproses. Sebab syarat untuk ke tahap selanjutnya dinyatakan belum terpenuhi. Hal ini disampaikan Goerge Da Silva Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, Sabtu hari ini (19/12).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Satu, Senin besok sudah menjalani sidang di PN (Pengadilan Negeri). Nah sisanya ada syarat belum dapat dipenuhi seperti pasal, persyaratan formil dan materil,” katanya. 

Dia menjelaskan, mereka sudah dipanggil Bawaslu. Kalau dari Bawaslu itu undangan bukan panggilan. Kecuali pihak Kepolisian kalau ada pemeriksaan itu sebutannya panggilan. Karena faktor ini pula, apabila Bawaslu Kabupaten Malang melayangkan undangan kepada saksi, terlapor, maupun pelapor mereka bisa saja tidak hadir.

“Masalahnya adalah undangan. Jadi bisa saja mereka tidak hadir, seperti misalnya saksi hadir, pelapor hadir tapi terlapor tidak hadir maka ini penyebab persyaratan formil nya belum terpenuhi maka kita menunda untuk pemeriksaan kasusnya,” sambungnya.

Ia menambahkan, penyebab terlapor tidak hadir adalah sakit. Ini bisa saja menjadi alasan karena ya itu tadi ini bukan panggilan melainkan hanya undangan.

Untuk mengumpulkan persyaratan pemeriksaan kasus oleh Bawaslu Kabupaten Malang, batas waktunya 5 hari semenjak kasus itu ditetapkan dan proses akan terus berlangsung selama tenggang waktu tersebut.

Sebagai informasi, Sumiatim salah satu terdakwa kasus money politik yang akan menjalankan sidang Senin depan (21/12). Sekarang posisinya oleh kejaksaan masih dititipkan di Polres Malang untuk kemudian saat hari persidangan ia dihadirkan di PN (Pengadilan Negeri). (aje/wan)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily