Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalLongsor Terjang Rumah Warga Parang Magetan

Longsor Terjang Rumah Warga Parang Magetan

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Cuaca buruk dan ancaman tanah longsor masih menghantui warga Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Hujan lebat pada Minggu 11 April 2021 malam mengakibatkan tiga titik longsor di Desa Trosono, yakni di dua pemukiman penduduk dan sekolah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Longsor terparah pada RT/RW (22/08) Desa Trosono, menimpa rumah bagian belakang Ginarto (58). Talut setinggi 10 meter dan lebar 5 meter tersebut longsor menimpa tembok rumahnya hingga jebol. Beruntung Ia dan anggota keluarganya yang lain selamat.

BACA JUGA: Getaran Gempa 6,7 SR hingga Magetan, BPBD: Alhamdulilah Sejauh Ini Aman

“Sebelumnya kami sudah antisipasi tanah belakang rumah akan longsor, malam itu hujan lebat dan lama. Kami berada di rumah bagian depan bila sewaktu waktu longsor,” katanya kepada nusadaily.com, Senin (12/04/2021).

Pagi ini, BPBD bersama TNI, Polri dan warga gotong royong membersihkan material longsoran. Untuk antisipasi longsor susulan dan memperparah dampak lokasi longsor, BPBD sementara menutup lokasi dengan terpal agar air hujan tidak kembali mengerus tanah.

Sementara itu keterangan Ari Budi Santosa Kepala Pelaksana BPBD Magetan, akibat hujan lebat tersebut sebabkan tiga tempat longsor. Terparah pada rumah Ginarto di RT 22, kemudian RT 20 dan pagar sekolah SMP 3 di desa yang sama.

“Akibat hujan deras, tiga tempat longsor di desa Trosono, dua pemukiman warga dan satu sekolah, namun tidak ada korban jiwa,” terang Ari.

Kecamatan Parang, lanjutnya, masuk dalam kategori daerah rawan becana terutama tanah longsor, karana berda pada topografi bukit bukit.

BACA JUGA: Tebing 9 Meter di Magetan Longsor, Nyaris Timpa Pemilik Rumah

“Alhmadulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristwa tanah longsor kali ini, hanya satu rumah terdampak. Tembok rumah bagian belakang saja yang diterjang material tanah. Mengenai total kerugian saat ini masih kita data,” tegasnya.

Ari juga mengingatkan agar masyarakat terus berhati-hati. Pasalnya mendasar prakiraan BMKG, hingga seminggu kedepan masih akan turun hujan sedang hingga lebat. Ancaman tanah longsor banjir dan pohon tumbang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. (nto/lna)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed