Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalLima Petugas PMI Kota Mojokerto Terpapar COVID-19, Kantor Ditutup

Lima Petugas PMI Kota Mojokerto Terpapar COVID-19, Kantor Ditutup

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Lima petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto terpapar Covid-19, kantor terpaksa di lockdown hingga batas waktu yang belum diketahui.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Ada lima petugas terpapar memang, jadi pelayanan yang ada di kantor dihentikan sejak Kamis kemarin (26 November 2020) sebenarnya,” ucap Choirul Anwar, Sekretaris PMI Kota Mojokerto, Minggu, 29 November 2020.

Ia menyebut, tes Swab sudah dilakukan sejak Selasa, 24 November 2020 lalu. Dari jumlah keseluruhan ada 50 petugas PMI yang mengikuti uji swab. Diantaranya, 35 anggota PMI dan 15 orang relawan. Uji swab itu sendiri dilakukan secara bertahap. Gelombang pertama ada 11 orang yang menjalani tes swab.

BACA JUGA: Sempat Hilang, Jasad Pemuda Probolinggo Ditemukan Tak Bernyawa di Gili Ketapang

Hasil swab dari gelombang tersebut baru keluar Kamis lalu 26 November 2020. Dan didapat hasilnya ada lima orang positif Covid-19.

“Mereka yang positif langsung diisolasi ke Rusunawa Sabtu, 28 November 2020 sekitar pukul 13.00 WIB. Terus Dinkes menyuruh kami untuk menutup sementara semua layanan,” jelas Anwar.

Tes swab tersebut dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinkes Kota Mojokerto. Namun, hingga kini Anwar belum bisa menjelaskan kronologi lima pegawai PMI tersebut bisa dinyatakan positif.

Sebab ada banyak kemungkinan mereka bisa terpapar korona. Ia menambahkan, untuk 39 orang lainnya saat ini masih dalam proses menjalani uji swab hingga Selasa, 1 Desember 2020 pekan depan.

Menunggu hasil

“Belum tahu lagi hasilnya, kemungkinan kalau tidak Rabu ya Kamis depan bisa keluar hasilnya. Karena juga belum pasti hasilnya bisa keluar dalam sehari,” ungkapnya.

Disinggung terkait pelayanan suplai darah dari PMI Kota Mojokerto yang sementara dihentikan. Lantaran untuk mencegah terjadinya perluasan penyebaran Covid-19, ia menambahkan, pihaknya sudah mengabarkan berbagai rumah sakit terkait hal tersebut.

BACA JUGA: 83 Bed Isolasi Covid-19 di RSSA Malang Penuh

Terlebih adanya permintaan kantong darah yang kian hari terus meningkat.”Sudah kami umumkan beberapa hari ini, untuk persediaan stok darah sementara dialihkan ke PMI daerah lain dulu. Ya semoga hasil swabnya cepat keluar kira-kira Jum’at lah, terus mereka yang negatif tetap dikoordinir untuk melayani lagi seperti hari biasanya,”ucap Anwar.

Sementara, Jubir Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat masih belum memberikan pernyataannya terkait perihal informasi mengenai lima anggota PMI yang terpapar Covid-19 dan tutupnya pelayanan kantor PMI. (din/kal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR