Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsRegionalKPU Trenggalek Tekan Penyebaran Covid-19 Lewat Simulasi Pencoblosan

KPU Trenggalek Tekan Penyebaran Covid-19 Lewat Simulasi Pencoblosan

NUSADAILY.COM-TRENGGALEK– KPU Trenggalek berupaya menekan penyebaran Covid-19 dalam Pilkada, 9 Desember nanti. Salah satu cara dilakukan KPU dengan menggelar simulasi pencoblosan dengan menggunakan protokol kesehatan, Sabtu (28/11/2020).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi mengatakan, tahapan pilkada kali ini adalah simulasi pencoblosan di salah satu hotel. Mereka mempraktikan proses pemilihan mulai dari penataan tempat, proses pencoblosan, hingga perhitungan perolehan suara dengan mengunakan prokes.

“Simulasi merupakan bentuk riil dari proses bimbingan teknis yang sebelumnya sudah diberikan kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Agar nantinya di TPS (Tempat Pemungutan Suara), para petugas pelaksana lebih jelas dalam pelaksanaannya dan juga memperhatikan protokol kesehatan bagi warga,” jelasnya dilansir Nusadaily.com.

Dalam simulasi itu, dipraktikan langkah-langkah penanganan apabila ada calon pemilih yang bersuhu tubuh tinggi, atau yang memiliki gejala yang mirip dengan keluhan Covid-19.

“Simulasi ini lebih ditekankan  pentingnya penerapan protokol kesehatan bagi para pemilih. Mereka wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak,” imbuhnya.

Sementara persiapan pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang, masih terdapat hambatan, yakni proses pembagian waktu agar pencoblosan berlangsung tanpa adanya kerumunan.

“Rencananya, akan menyertakan jam undangan yang berbeda-beda bagi para pemilih. Agar tidak terjadi kerumunan waktu pilihan dan masyarakat bisa datang tepat waktu,” terangnya.

Waktu mencoblos seorang pemilih dengan mekanisme mematuhi prokes rata-rata memerlukam waktu sekitar dua menit. (aby/wan)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Sosok Hasna Nur Shadrina, Mahasiswa Termuda di ITS Berusia 15 Tahun

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Saat teman seusianya masih duduk di bangku SMA, Hasna Nur Shadrina justru sudah terdaftar menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh...