Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaNewsRegionalKPU Blitar Tanda Tangani MoU dengan Empat Instansi

KPU Blitar Tanda Tangani MoU dengan Empat Instansi

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan empat instansi untuk sosialisasi program pendidikan pemilih dan pemutakhiran data.

BACA JUGA : 8208 Bilik Suara Gudang KPU Magetan Bakal Dilelang

“Kami melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan empat instansi. Satu dengan Kementerian Agama Kota Blitar dalam bentuk perjanjian kerja sama yang tiga dengan Universitas Islam Balitar (Unisba), Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar,” kata Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam di Blitar, Rabu.

Ia mengatakan, kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Blitar dilakukan. Menindaklanjuti adanya kerja sama antara Kementerian Agama Jatim dengan KPU Jatim terkait dengan pelaksanaan program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Nantinya, KPU Kota Blitar dapat mengakses data penduduk yang sudah menikah untuk dijadikan. Sebagai salah satu sumber data pemutakhiran data pemilih yang diperbarui setiap bulannya.

BACA JUGA : Waduh! TimSel KPU-Bawaslu, Ada Nama Mantan Timses Jokowi

Sedangkan kerja sama dengan perguruan tinggi isinya adalah pelaksanaan program pendidikan pemilih. Selain itu, di tiga perguruan tinggi tersebut juga terdapat kerja sama untuk kegiatan merdeka belajar dan kampus merdeka di lingkungan perguruan tinggi yang melibatkan KPU Kota Blitar.

Praktik Kuliah Lapangan di KPU Kota Blitar

Nantinya, dalam kerja sama ini akan ada beberapa program di antaranya sekolah demokrasi, podcast bersama, penerimaan peserta magang kerja atau praktik kuliah lapangan di KPU Kota Blitar, penelitian riset, dan perkuliahan umum tentang tata kelola pemilu.

“Ke depan kami ingin penelitian bersama antara KPU dan perguruan tinggi. Hasil kajian internal, banyak persoalan di seputar penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan bisa dilakukan penelitian. Hasilnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya pengembangan demokrasi,” kata dia.

BACA JUGA : Pemkot Jakpus Apresiasi Layanan Kereta Baru KAI Tujuan Surabaya

Ia juga menambahkan, MoU ini juga dilakukan karena ingin mengubah paradigma masyarakat yang menganggap bahwa KPU hanya menyelenggarakan tahapan pemilihan dan setelahnya berhenti. Untuk itu, kegiatan ini digelar sebagai media pendidikan politik bagi masyarakat.(ros)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Ma Dong-seok Perankan Karakter Gilgamesh dalam “Eternals”

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Aktor Korea Selatan Ma Dong-seok atau dikenal sebagai Don Lee mengatakan bahwa karakter Gilgamesh dalam film superhero Marvel “Eternals” yang...