Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsRegionalKabar Gembira Untuk Kita Semua, Kayutangan Heritage Sudah Dibuka!

Kabar Gembira Untuk Kita Semua, Kayutangan Heritage Sudah Dibuka!

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Setelah ditutup sekitar dua bulan, Jalan Basuki Rahmat atau Kayutangan Heritage kembali beroperasi, Senin (21/12). Berdasarkan pantauan NusaDaily.com, arus lalu lintas ramai lancar dan kembali seperti semula.

Sekitar pukul 08.30, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang, yakni Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Wali Kota Malang Sutiaji dan Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona meninjau kondisi jalan setelah kembali difungsikan.

BACA JUGA: Hore! Besok Kawasan Kayutangan Heritage Kembali Beroperasi

“Akhirnya, (Kayutangan Heritage) sudah tertata dan alhamdulilah pengerjaan tepat waktu. Sehingga, bisa mengurai kemacetan selama hampir dua bulan,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji menjelaskan, setelah koridor atau zona I dan II selesai dikerjakan, proyek senilai Rp 23 Miliar dari DAK Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut akan kembali dilanjutkan.

“Selanjutnya, akan dilanjutkan menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Sehingga, bulan Agustus yang akan datang, bisa dinikmati masyarakat,” jelas dia.

Nantinya, lanjut Sutiaji, koridor Kayutangan Heritage akan terkoneksi dengan kampung di sekitarnya yang juga masih banyak bangunan heritage.

“Sehingga, menjadi suatu destinasi wisata heritage di Malang Raya,” imbuh dia.

Setelah akses jalan tersebut dibuka, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan mengubah skema arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi satu arah.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari forum lalu lintas untuk arahnya. Sehingga, kami belum bisa memutuskan nanti ke arah mana,” pungkas dia.

BACA JUGA: Kayutangan Heritage Akan Dilewati Kendaraan Besar Untuk Uji Kekokohan Andesit – Imperiumdaily.com

Seperti diberitakan sebelumnya, pada bulan November 2020 lalu, Jalan Basuki Rahmat ditutup sementara untuk pengerjaan proyek revitalisasi Kayutangan Heritage. Bahkan, sejumlah titik sempat mengalami kemacetan lantaran efek rekayasa lalu lintas yang dilakukan.

Proyek tersebut menggunakan anggaran DAK dari Kementrian PUPR senilainRp 23 Miliar. Paket pekerjaan Kayutangan Heritage tidak hanya dilakukan di Jalan Basuki Rahmat saja. Namun, kawasan Polehan dan Kauman yang harus selesai hingga bulan Februari 2021.(nda/lna)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...