Kamis, Desember 2, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalJelang Pilkada, RSSA Lakukan Kerjasama Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Kepala Daerah

Jelang Pilkada, RSSA Lakukan Kerjasama Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Kepala Daerah

- Advertisment -spot_img

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – MALANG – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang melakukan penandatanganan kerjasama pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah, Kamis (3/9). Kerjasama tersebut dilakukan terhadap tujuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang menyelenggarakan Pilkada.

Ketujuh daerah yang melakukan kesepakatan kerjasama tersebut adalah Kabupaten Malang, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Hal ini sesuai revisi Peraturan KPU (PKPU) nomor 6 tahun 2020 yang menyatakan bahwa para peserta Pilkada Jatim 2020 wajib mengikuti uji swab dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

Dalam kerjasama tersebut, nantinya, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan oleh tim medis yang netral dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP).

Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar, Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An., KIC., KAP mengungkapkan, menjelaskan, rangkaian pemeriksaan kesehatan akan berlangsung selama empat hari. “Mulai dari Senin (7/9) sampai Jumat (11/9),” papar dia.

Dia menjelakan, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan sebagai salah satu kelengkapan dokumen persyaratan yang merupakan bukti pemenuhan syarat bakal pasangan calon.

“Selain itu, hasil pemeriksaan bakal pasangan calon tidak harus bebas dari penyakit, yang paling penting harus memiliki kemampuan leadership,” terang
Kohar

Nantinya, para pasangan bakal calon wajib menjalani prosedur uji swab/RT-PCR untuk memastikan negatif Covid-19.

“Apabila ada peserta Pilkada yang terkonfirmasi positif CoViD-19, maka dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan wajib menjalani karantina,” kata dia.

Selain itu, peserta Pilkada juga mengikuti serangkaian uji kesehatan jasmani-rohani, termasuk di antaranya uji bebas penyalahgunaan narkoba-psikotropika dan psikotes yang pelaksanaannya telah dikoordinasikan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Wilayah Jawa Timur serta Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jawa Timur.(nda/aka)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR