Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalJanuari-Februari 2021, Satreskoba Ciduk 69 Tersangka Kasus Narkoba Kabupaten Malang

Januari-Februari 2021, Satreskoba Ciduk 69 Tersangka Kasus Narkoba Kabupaten Malang

NUSADAILY.COM – MALANG – Dalam kurun waktu Januari-Februari 2021 Satreskoba Polres Malang berhasil mengungkap 59 kasus penyalahgunaan narkoba. 69 tersangka yang berhasil diamankan.

Sementara untuk barang buktinya, Satreskoba telah menyita sejumlah barang bukti narkoba dari beberapa jenis. Yakni Shabu, pil ekstasi dan pil dobel L atau pil koplo.

“Ada sejumlah barang bukti narkoba yabg diamankan. 207,73 gram shabu, 9 butir pil ekstasi daj 1.976 butir pil koplo,” ujar Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Selanjutnya, 69 tersangka tersebut telah diamankan dari sejumlah daerah di Kabupaten Malang. Pengklasifikasian pengedar dan pemakai juga telah dilakukan petugas.

“Dari 69 tersangka ini sudah kita kategorikan. Rinciannya, 41 orang berstatus pengedar dan 22 orang pemakai,” tegasnya.

Sementara itu, meskipun sejumlah tersangka diklasifikasikan sebagai pemakai, tetap harus menjalani proses pidannya terlebih dahulu. Sebelum nantinya, jika memang dalam sidang, oleh hakim, yang bersangkutan bisa diputuskan untuk menjalani rehabilitasi.

“Pada dasarnya, semua orang yang memiliki, menyimpan atau menguasai (Narkoba) itu dikenakan pidana,” ujar Kasatreskoba Polres Malang, AKP Anton Wibowo.

Artinya, tersangka yang bersangkutan tetap menjalani masa pidananya terlebih dahulu. Dan jika memang yang bersangkutan terbukti sebagai pengguna, maka vonis yang dijatuhkan adalah menjalani rehabilitasi.

“Ada surat dari Mahkamah Agung, apabila barang buktinya di bawah satu gram, maka nanti diharapkan hakim ketika sidang dalam vonis, memutuskan untuk rehabilitasi. Jadi bukan berarti tidak menjalani pidana. Intinya, nanti jika memang yang bersangkutan tidak termasuk dalam jaringan peredaran narkoba, vonisnya tidak sebagai pengedar, tapi pengguna. Jadi vonisnya rehabilitasi,” pungkas AKP Anton. (aje/kal)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...