Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaNewsRegionalIni Cara Operasikan Dispenser Masker dan Hand Sanitizer

Ini Cara Operasikan Dispenser Masker dan Hand Sanitizer

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Polresta Malang Kota dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya Malang memiliki dispenser masker dan hand sanitizer, Kamis (14/10/2021). Inovasi tersebut akan diletakkan di tiga titik, yaitu di lobi Polresta Malang Kota, pos polisi Mitra Satu, dan Taman Krida Budaya Jatim yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, untuk memfasilitasi warga Kota Malang.

Dalam mengoperasikan alat tersebut, dilakukan secara otomatis. Salah satu mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang ikut membuat dispenser masker, Alfian Fitrayansyah mengungkapkan, alat tersebut mengusung teknologi tanpa sentuhan tangan.

BACA JUGA: Satresnarkoba Polresta Malang Kota Tangkap Dua Pria Pengguna Ganja dan Sabu

“Apabila ada masyarakat yang ingin menggunakan alat tersebut, cukup dekatkan telapak tangan ke tombol dispenser masker berukuran besar yang bertuliskan No Touch. Setelah itu, satu buah masker akan keluar dengan sendirinya. Begitu juga dengan hand sanitizer, masyarakat cukup mendekatkan telapak tangan ke noselnya, maka cairan hand sanitizer akan keluar,” terang dia.

BACA JUGA: Polresta Malang Kota Gelar Vaksinasi Untuk Ormas

Dirinya menjelaskan, hal itu bisa dilakukan karena di dispenser masker terdapat dua sensor. Satu sensor untuk masker dan satu sensor untuk hand sanitizer.

“Sensor akan menggerakkan motor dan per, untuk mengeluarkan masker. Sedangkan sensor kedua, yaitu sensor HCSR digunakan untuk hand sanitizer,” imbuh dia.

Alfian mengungkapkan, dispenser masker memiliki kapasitas 50 mililiter hand sanitizer dan 70 masker.

BACA JUGA:Meresahkan Masyarakat, Satlantas Polresta Malang Kota Geber Operasi Knalpot Brong

“Setiap masker yang keluar, akan terekam data logging dan ditampilkan di layar LCD dispenser masker. Begitu juga dengan hand sanitizer, kapasitasnya akan ditampilkan di layar LCD,” jelas dia.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengungkapkan, dispenser masker tersebut beroperasi memakai listrik yang dihasilkan dari aki.

BACA JUGA: 12 Hari, Polresta Malang Kota Tangkap 51 Tersangka Dalam Operasi Sikat Semeru

“Awalnya saya mencoba memakai baterai, tapi daya tahannya tidak lama. Sehingga, saya ganti dengan memakai aki,” papar dia.

BACA JUGA: Kedatangan Yeni Inka, Musik Buat Elo Mendadak Koplo

Pria yang akrab disapa Yoppi ini mengungkapkan, pihaknya bersama dengan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya akan mengembangkan dispenser masker versi kedua.

“Untuk dispenser masker versi kedua, akan dipasangi kamera. Untuk menghindari orang iseng yang akan menyalahgunakan dispenser masker tersebut. Selain itu, di dispenser masker versi kedua, akan ada notifikasi via SMS untuk mengetahui stok masker dan hand santizer,” pungkas dia.(nda/eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Permudah Penanganan Pasien Narkoba, Ashefa Siap Buka Cabang Lagi

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Manajemen Ashefa Griya Pusaka siap membuka cabang di sejumlah wilayah di Indonesia guna memudahkan penanganan pasien ketergantungan narkoba. BACA JUGA :...