Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalIni Alasan Petani Pagerwojo Blitar Tanam Pisang Cavendish

Ini Alasan Petani Pagerwojo Blitar Tanam Pisang Cavendish

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-BLITAR- Puluhan petani di Desa Pagerwojo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar mulai tanam pisang jenis cavendish. Pisang jenis ini dianggap lebih menguntungkan, karena lebih cepat berbuah daripada pisang jenis lainnya. Penanaman pisang oleh petani ternyata dilakukan ditanah bengkok kepala desa setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Partai Pemilik Kursi DPRD Bisa Jadi Penonton di Pilkada Kabupaten Blitar

Petani Pagerwojo Blitar tanam pisang cavendish ada alasannya. Salah satu petani Desa Pagerwojo, Supriyanto mengatakan, dengan menanam pisang cavendish mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, selain masa tanam yang relatif singkat, kualitas pisang lebih bagus dibandingkan pisang yang lain, dan bisa masuk ke minimarket.

“Jadi pisang cavendish ini masa panennya cukup membutuhkan sekitar 8 – 9 bulan usia masa tanam. Sedangkan masa panen jenis pisang lokal membutuhkan waktu antara 1 sampai 1,5 tahun,” ujarnya kepada Nusadaily.com disela-sela menanam, Selasa 21 Juli 2020.

Pisang Cavendish Berorientasi Ekspor

Masih ditempat yang sama, Kepala Desa Pagerwojo, Mujiadi mengatakan, pihaknya sengaja menanam pisang di tanah bengkok atau aset desa. Karena hasilnya bagus dan bisa diandalkan untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani. Menurutnya, model tanamnya menggunakan tumpang sari atau ditanam diatas tanaman lain. Untuk penanaman awal ini, ada lima hektar yang ditanami dengan populasi mencapai 7.500.

“Jadi ini tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penanaman pisang cavendish berorientasi ekspor. Selain itu pisang cavendish sengaja dipilih karena masa tanamnya relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis pisang lokal,” pungkasnya.

Mujiadi menambahkan, untuk tahap pertama kali ini ada 3 ribu pisang cavendish. Tahap kedua direncanakan akan ditanam mencapai 7.500 pisang.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM yang juga turut menghadiri penanaman perdana pisnag cavendish memastikan bakal membantu para petani untuk proses pemasaran pisang cavendish. Pasalnya saat ini pisang cavendish memiliki jaminan pasar dan jaringan pemasaran di 65 negara.

“Tentu hal itu menjadi kesempatan untuk petani di Kabupaten Blitar dalam menggeluti komoditas tanaman hortikultura. Kita akan bantu pemasarannya,” jelasnya kepada induk imperiumdaily.com ini.(tan/cak)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR