Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaCultureIngin Awet Muda? Coba Ritual Mandi Telanjang di Petirtaan Sendang Made Jombang,...

Ingin Awet Muda? Coba Ritual Mandi Telanjang di Petirtaan Sendang Made Jombang, Ini Syaratnya

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JOMBANG – Bagi sebagian orangpetirtaan atau sendang acapkali dijadikan tempat sakral dan digunakan untuk melakukan sejumlah ritual.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Di Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, ada sebuah petirtaan yang bernama Sendang Made, sendang ini menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan kususnya para wanita yang ingin awet muda dan tetap cantik.

Mereka, para kaum hawa ini rela melakukan berbagai cara untuk mewujudkan keinginannya itu, salah satunya dengan ritual mandi telanjang di petirtaan yang memiliki tujuh kolam ini.

Baca Juga: OM Lagista, Pepaduan Jaranan-Dangdut yang Renyah Didengar

Salah satu dari ketujuh sendang ini kerap mejadi tempat ritual ini yakni Sendang Derajat. Air di sendang ini dipercaya mampu mengeluarkan aura kecantikan dari diri seorang perempuan.

Supono, Juru kunci kawasan Petirtaan Sendang Made menjelaskan, kebanyakan para wanita yang melakukan ritual mandi di Sendang Derajat bertujuan untuk mempercantik dan menjernihkan wajah.

Baca Juga: Penambang Belerang Ijen Sering Lakukan Ritual di Petilasan Buju’ Linu

Hanya saja, lanjut Supono, guna mendapatkan hasil yang memuaskan, syaratnya wanita tersebut harus mengikuti beberapa aturan agar keinginannya bisa terwujud.

“Ada aturannya. Maka dari itu di sana sudah ada papan imbauan untuk melakukan izin terhadap juru kunci terlebih dulu. Agar saya tahu tujuan mereka, dan apa yang harus dilakukan, seperti apa nanti gitu,” jelasnya, Minggu, 14 November 2021.

Baca Juga: Petirtaan Watu Gede Singosari Konon Bisa Sembuhkan Penyakit hingga Kabulkan Tujuan Politik

Aturan

Lelaki yang kerap disapa Mbah Pono ini menyebutkan, beberapa aturan saat melakukan ritual mandi di kolam Sendang Derajat.

Diantaranya, wanita yang melakukan ritual harus mandi tanpa pakaian atau telanjang. Tak hanya itu, mereka yang melakukan ritual harus memiliki keyakinan penuh tanpa ada keraguan.

Sebab, terlihat kondisi Sendang Drajat tampak bersih setelah dilakukan pengurasan oleh sejumlah warga Desa Made setempat. Sementara kawasannya tertutup dengan pintu yang digembok.

Baca Juga: Situs Watukebo Banyuwangi Bakal Dijadikan Open Site Museum

Sehingga, saat ritual tidak ada satu orang pun yang bisa melihat. Karena kolam Sendang Drajat tertutup rapat oleh tembok. Sehingga aman bagi para pengunjung yang hendak melakukan ritual mandi di sendang tersebut.

“Ritualnya sedikit kalau tujuannya untuk kecantikan, tempatnya sama di dalam Sendang Derajat itu. Tidak boleh pakai baju mandi di situ, harus lepas,” ujarnya.

Baca Juga: Pamong Kebudayaan Protes Larangan Mandi di Sumber Tetek

Syarat

Tak sampai disitu, masih ada persyatan lain yang harus dipenuhi dalam prosesi ritual kecantikan. Mereka yang melakukan ritual, lanjut Mbah Pono, harus berdoa dalam keadaan suci. Selain itu juga, para wanita ini harus membawa kembang setaman.

“Harus suci, perempuan menstruasi tidak boleh. Jadi awalnya izin, terus berdoa dalam keadaan suci, kemudian kembangnya ditaburkan, sudah,” katanya.

Meski demikian, Mbah Pono meminta dan mengingatkan agar para pengunjung yang melakukan ritual meyakini bahwa semua usaha itu atas izin Allah SWT. Untuk tujuan utamanya, Mbah Pono mengatakan harus percaya terlebih dahulu terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Yang pertama tetap kepada Tuhan, lalu tergantung keyakinan masing-masing. Terpenting yakin dan terus berdoa. Ritual tersebut hanya sebuah perantara saja,” pungkasnya. (din/ark)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily