Senin, September 20, 2021
BerandaNewsJatimHendy-Gus Firjaun Unggul Suara Pilkada Jember Versi Quick Count

Hendy-Gus Firjaun Unggul Suara Pilkada Jember Versi Quick Count

NUSADAILY.COM – JEMBER – ‘Meyambut Bupati dan Wakil Bupati Jember Pilihan Rakyat’ menjadi tagline Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA saat menggelar rilis quick count atau hitung cepat di Hotel Aston, Rabu, 9 Desember 2020.

Hasilnya, paslon penantang, yakni Hendy Siswanto – KH Mohamad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) menjadi peraih suara terbanyak versi hitung cepat. Sangat jauh mengungguli paslon petahana Faida – Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) maupun pesaing lainnya, duet Abdus Salam – Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan).

Secara persentase, Hendy-Gus Firjaun mendulang suara 47,95%; kemudian dibawahnya ada Faida-Vian 30,41%; dan berikutnya Salam-Ifan 21,64%. Data yang sudah masuk sudah mencapai 95,77% dari TPS sampling hingga jam 16.43 WIB.

BACA JUGA: Survei PRC Selisih 0,4 Persen Antara Hendy – Gus Firjaun dengan Faida – Vian

“Kami menghormati penghutingan manual KPU. Tapi tidak akan jauh simpangannya berdasarkan data yang masuk mendekati 100 persen. Juga pengalaman kami quick count Pileg dan Pilpres hanya beda dari real count plus minus 1%. Di beberapa kota yang Pilkada hanya selisih dengan real count 0,11%,” papar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar.

Menurutnya, quick count juga bisa menggambarkan sebaran suara meski tidak semua TPS diambil, karena sampel telah secara cermat diperhitungkan. Hendy-Gus Firjaun memenangi perolehan suara 6 daerah pemilihan.

Rully mengatakan, keunggulan Hendy-Gus Firjaun dimungkinkan karena kekuatan figur, keunggulan kerja tim dan soliditas partai pengusungnya. Selain itu, terbuka peluang lantaran petahana terus tergerus mengalami kemerosotan elektabilitasnya.

“Kemungkinan besar kemenangan penantang bisa menggambarkan sebuah perubahan atau ada tata kelola yang salah dari Bupati dan bisa masuk ke dalam pemilih baru atau pemilih lama yang kemudian berubah,” jelasnya.

Figur Hendy dan Gus Firjaun dianggap saling melengkapi. Rekam jejak Hendy telah banyak melakukan investasi politik dan non politik sebelum pencalonan. “Misalnya bantuan masjid, acara tahunan membagi makanan, meskipun tidak ada motif politik. Puluhan tahun hal itu sudah dilakukan,” urai Rully.

Sedangkan sosok Gus Firjaun sangat mendongkrak suara, karena sebagai tokoh Nahdlatul Ulama yang disegani. Sehingga jejaring sampai akar rumput nahdliyin cenderung menjatuhkan pilihan karena dorongan pengaruh latar belakang tersebut.

“Mungkin struktur ke 03, tapi kultural dan pemilihnya terserap ke Gus Firjaun. Belum lagi, pasangan 02 mampu menejelaskan kegagalan-kegagalan petahana,” papar Rully.

BACA JUGA: Kebersamaan Hendy dan Warga Gotong – Royong Buka Jalan Gunung

LSI Denny JA mengambil sampel sebanyak 260 TPS dari total 4.752 TPS yang dipakai KPU Jember sebagai tempat pemungutan suara. Sampling ditentukan dengan metode multistage random sampling.

Secara teknis, lembaga ini mengerahkan sejumlah orang yang mengkoordinir para relawan di TPS-TPS sampling. Tiap relawan dibekali alat komunikasi untuk dipakai mengirimkan data hasil penghitungan suara TPS. “Teknik aplikasi berbasis android,” terang Rully. (sut)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...