Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalHari Stroke Sedunia, UNESA Gelar Webinar Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik

Hari Stroke Sedunia, UNESA Gelar Webinar Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Dalam memperingati Hari Stroke Dunia, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggandeng KORTEX menggelar hybrid webinar sebagai salah satu langkah untuk untuk meningkatkan derajat aktivitas fisik guna terhindar dari serangan penyakit stroke.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Rektorat UNESA pada siang hari ini, dihardiri langsung oleh seluruh civitas akademika UNESA,Kortex Brain Spine, Indonesia Brain Spine Community, Granostic Center dan diikuti peserta secara daring atau online.

Saat memberikan materinya, Kepala Pusat Kajian Ilmu Keolahragaan (PKIK) UNESA, Dr. Mochamad Parmono memaparkan bahwa berdasar data survei aktivitas fifik dan kesehatan Civitas Akademika UNESA tahun 2021 memperlihatkan jika 66% dosen memiliki riwayat penyakit hipertensi yang beresiko memicu terjadinya stroke, serta 28% lainnya memiliki riwayat penyakit diabetes.

“Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga ditengarai menjadi salah satu faktor resiko penyebab terjadinya hal ini. hal ini diperkuat dengan data 51 persen Dosen di UNESA tidak melakukan olahraga, sedangkan 41 persen lainnya melakukan olahraga namun hanya 1 – 2 kali dalam seminggu yang belum memenuhi rekomendasi durasi waktu aktivitas fisik yang direkomendasikan WHO,” paparnya.

BACA JUGA: DiPHP Indag Terus, Pedagang Pasar Sayur Magetan Ancam Unras Besar Besaran

Selanjutnya, senior doctor KORTEX dr. Gigih Pramono, Sp.BS menjelaskan jikas stroke adalah gangguan pembuluh darah otak yang sifatnya mendadak. Menurutnya pembahasan mengenai stroke adalah pembeahasan mengenai kesehatan secara holistic dan komperhensif, contohnya adalah dengan olahraga rutin.

“WHO menganjurkan setidaknya seseorang memiliki waktu 150 menit dalam seminggu. Dan perlu diingat bahwa apapun olahraganya harus disertai dengan olah raga cardio yang sifatnya endurance misalnya jalan kaki, lari, atau bersepeda,” terangnya.

BACA JUGA: Ngeri, Pesan Open BO Sekarang Seperti Beli Kinderjoy, Bisa di Toko Modern Berjaringan

Tidak hanya itu, pada kegiatan hari ini juga diadakan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara UNESA dan KORTEX. UNESA menggandeng KORTEX dalam kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada komunitas serta pengembangan citra UNESA dan juga KORTEX.

Mewakili Pihak UNESA, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan oleh UNESA dengan pihak KORTEX adalah kerja sama yang dibangung dengen kesadaran kesehatan dalam mengangani stroke. Menurutnya kedepan UNESA teteap akan berkomitmen bersama KORTEX untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. (jar/kal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR