Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalHari Pertama Kerja, Wali Kota Malang Sidak Kawasan Banjir di Soekarno-Hatta

Hari Pertama Kerja, Wali Kota Malang Sidak Kawasan Banjir di Soekarno-Hatta

NUSADAILY.COM – MALANG – Pasca dinyatakan sembuh dari covid-19, Wali Kota Malang Sutiaji kembali menjalankan agenda dinas di lapangan,Senin (14/12). Pria nomor satu di Kota Malang itu melakukan sidak kawasan yang menjadi langganan banjir di Kota Malang saat hujan deras, yakni kawasan Soekarno-Hatta (Suhat), Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebab, beberapa hari belakangan, Kota Malang kembali dilanda hujan dengan intensitas yang meningkat, yakni sekitar 40 persen. Sehingga, kawasan tersebut tak luput dari bencana banjir.

“Saya sengaja datang kemari untuk melihat kondisi gorong-gorong pasca banjir hari Sabtu lalu. Sebetulnya, hari Sabtu saya sudah menuju kemari dari kawasan Pahlawan Trip. Namun, karena kemacetan yang luar biasa, saya tidak bisa masuk ke kawasan ini,” terang Sutiaji.

Berdasarkan hasil sidak pada gorong-gorong yang ada di sekitaran Suhat, Sutiaji menilai, banyak tumpukan sampah dan timbunan sedimen yang menjadi penyebab utama banjir. Padahal, pembersihan gorong-gorong sudah dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali.

“Saya menginstruksikan agar program Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) akan kembali digerakkan setiap hari Jumat dengan tujuan agar gorong-gorong di Kota Malang bersih dan air dapat lebih lancar jalannya,” papar dia.

Serta, ia juga meminta masyarakat Kota Malang untuk tidak membuang sampah di sungai. Selain untuk menghindari banjir, juga untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

“Kembali lagi faktor kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan harus terus ditingkatkan terutama di masa pandemi ini. Tujuannya, tentu untuk menjaga kesehatan,” imbuh dia.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang mengajukan pendanaan pembangunan saluran crossing kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Rencananya, pembangunan saluran crossing tersebut akan dilakukan di kawasan Soekarno Hatta.

Wali Kota Malang, Sutiaji menguraikan, pengajuan pembangunan saluran crossing sudah direspon positif oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sehingga, dia optimis pembangunan tersebut dapat terealisasi tahun depan.

“Sudah kami sampaikan juga kepada Ibu Gubernur dan Pak Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, responsnya baik,” terang dia.

Saluran crossing

Secara rinci, Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso menambahkan, rencana pembuatan saluran crossing memang sudah dilakukan sejak lama. Sebab, aliran air yang melalui kawasan Perumahan Permata Jingga hingga Griya Shanta pembuangannya ke kawasan Jalan Borobudur, dan sebagian lagi ke kawasan Kedawung.

“Sekarang sudah ada peralihan lahan, dari yang sawah jadi bangunan. Sehingga resapan kurang, maka memang membutuhkan saluran crossing,” jelas dia.

Pria yang akrab disapa Sony itu menjelaskan, pengajuan dilakukan ke Provinsi Jatim lantaran kawasan tersebut merupakan kawasan yang menjadi tanggungjawab Pemprov Jatim. Rencananya saluran crossing akan dibangun di tengah-tengah jalan mulai dari kawasan Monumen atau Patung Pesawat hingga menuju sungai di bawah Jembatan Soekarno Hatta.

“Di bangun di bawah median jalan tersebut. Sehingga, air yang biasanya membanjiri kawasan Borobudur bisa langsung masuk ke sungai,” imbuh dia.

Selain itu, beberapa titik di kawasan tersebut juga akan dibangunkan untuk penguapan air. Sehingga, kawasan tersebut akan lebih sejuk dan juga bisa dijadikan tempat wisata.

“Anggarannya Rp 128 Miliar. Kami sangat optimis dan berharap itu bisa dilaksanakan tahun depan. Agar permasalahan banjir mauoun genangan air bisa segera diatasi,” pungkas dia. (nda/kal)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...