Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsJatimHarga Minyak Goreng Masih Meroket, Ini Upaya Stabilisasi Pemprov Jatim

Harga Minyak Goreng Masih Meroket, Ini Upaya Stabilisasi Pemprov Jatim

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Harga minyak goreng curah maupun kemasan mengalami lonjakan signifikan beberapa waktu terakhir. Saat ini harganya ada dikisaran Rp20.000 per kilogram.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal ini juga menjadi perhatian Pemerintah Jawa Timur, upaya stabilisasi harga terus dilakukan agar daya beli masyarakat tidak merosot.

BACA JUGA : Minyak Goreng di Malaysia Murah Banget Rp 8.500, Indonesia?

Sebelumnya Kementerian Perdagangan RI, bekerja sama dengan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) menyediakan minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter dengan harga Rp14.000 per liter untuk seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Sementara di Jawa Timur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Drajat Irawan telah melakukan kunjungan kerja ke PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (PT SMART) Tbk yang berlokasi di Rungkut, Surabaya.

BACA JUGA : Pemkot Jakpus Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Murah

Kunjungan itu untuk melihat kesiapan sektor industri dalam mendorong stabilitas minyak goreng sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat,

“Kami mengapresiasi upaya dan komitmen dari PT SMART Tbk selaku produsen minyak goreng di Jatim yang bersinergi dengan Disperindag Jatim telah mendistribusikan minyak goreng kemasan satu sampai dua literan, yang dijual dengan harga Rp14.000 per liternya,” jelas Drajat Irawan, Rabu (19/1/2022).

BACA JUGA : Ibu-ibu Bakal Protes Kalau Harga Minyak Goreng Subsidi Dijual di Atas Rp 14.000/Liter

Menurut data yang dihimpun melalui PT SMART Tbk, sampai akhir Januari 2022, distribusi minyak goreng telah dilakukan ke sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti Malang, Kediri, dan Mojoketo.

Sementara itu, Arthur Hindrawan, selaku General Business Manager PT SMART Tbk menjelaskan bahwa naiknya harga bahan baku minyak goreng, yaitu Crude Palm Oil (CPO) menyebabkan harga minyak goreng mengalami peningkatan secara signifikan.

BACA JUGA : Satgas COVID-19 MUI Terima Bantuan 1 Ton Beras dan 200 Kg Minyak Goreng

“Namun dalam skala produksi tidak ada masalah, dan distribusi dilakukan setelah tiga hingga lima hari proses produksi,” ujarnya.

Pihaknya akan menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Timur yang diberikan untuk mempercepat proses distribusi minyak goreng dengan harga yang terjangkau, yakni sebesar Rp14.000 untuk mendukung pemerintah dalam rangka stabilisasi harga minyak goreng.(lal)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily