Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsEkonomiHarga Mahal, Warga Magetan Pilih Beli Telur Pecah

Harga Mahal, Warga Magetan Pilih Beli Telur Pecah

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Imbas harga telur semakin melambung, sejumlah pembeli di Magetan memilih telur pecah. Selisih harga Rp5.500 membuat pembeli memilih membeli telur yang kualitasnya kurang baik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Seperti salah satunya Painah, warga Kecamatan/Kabupaten Magetan. Dia membeli telur pecah karena hanya seharga Rp22.500 per kilogram dari harga telur yang normal Rp28.000 per kilogramnya.

“Kalau saya kan memang jual makanan. Jadi, sampai rumah langsung dimasak. Tidak dijual lagi dalam bentuk telur. Ya mau gimana lagi ya sepekan ini harga telur mahal, sampe hampir Rp30.000 per kilogramnya. Ini cara kami mengakali agar tidak merugi,” katanya, Rabu (17/08/2022).

BACA JUGA: Harga Telur di Ngawi Naik Lagi, Pembeli Sepi

Painah yang merupakan penjual tepo tahu telur memilih telur yang retak agar bisa disesuaikan dengan harga. Dia takut jika harga tepo tahu telur dinaikan akan ditinggal oleh para pelanggannya.

Sementara itu, Sri Martini, pedagang telur di Pasar Sayur I Magetan mengungkapkan jika sepekan ini harga telur yang tadinya Rp26.000 per kilogram naik terus jadi Rp28.000 per kilogram.

Dia mengaku tak tahu pasti penyebabnya, namun kenaikan harga sudah dari pihak peternak.

“Akhirnya, banyak pembeli yang akhirnya gak jadi beli karena harga tinggi. Mereka mengharap harga telur di angka Rp27.000, harga segitu masih terjangkau bagi mereka. Tapi, mau gimana lagi, kami beli dari peternak Rp27.000, hanya balik modal jika tidak dijual Rp28.000,” terangnya.

BACA JUGA: Bahaya Penyalahgunaan Obat Hewan Pada Ayam Petelur

Pedagang mengharap harga telur bisa terjangkau bagi pembeli. Tingginya harga membuat penjualan pun menurun.

Selain mengurangi jumlah pembelian, sebagian besar tak mau beli telur mereka memilih daging ayam yang kini harganya hanya selisih Rp2.000 rupiah lebih tinggi ketimbang harga telur sekarang ini.(nto/lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...