Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalHarap Waspada! Sumenep Berpotensi Diterjang Hujan Hingga Banjir Tiga Hari ke Depan

Harap Waspada! Sumenep Berpotensi Diterjang Hujan Hingga Banjir Tiga Hari ke Depan

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya Jawa Timur (Jatim) menyampaikan prakiraan cuaca buruk di sejumlah wilayah Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Sumenep dalam tiga hari kedepan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam edaran peringatan 3 (tiga) harian itu disebutkan, hampir di semua daerah di Jatim diguyur hujan disertai petir dan angin kencang sesaat dengan potensi banjir yang berada di level waspada.

Hari ini, Selasa 14 Deeber 2021 berdasarkan perkiraan BMKG Juanda Surabaya, pada pagi hari hujan mengguyur beberapa wilayah, seperti Sumenep, Pasuruan, Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

BACA JUGA: Viral Penampakan Awan Merah, BMKG Sebut Akan Terjadi Hujan Deras Disertai Angin dan Kilat

Selanjutnya, pada Rabu 15 Desember 2021, hujan disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari kembali mengguyur Kabupaten Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi.

Pada Kamis 16 Desember 2021, hujan disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari kembali mengguyur Sumenep, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Menggapi hal itu, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Usman Kholid menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap hujan yang disertai petir dan angin kencang sesaat.

“Masyarakat Sumenep tetap harus waspada akan hujan yang berpotensi banjir. Ini akan berlangsung berturut-turut selama 2 (dua) hari ke depan,” katanya saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Selasa 14/12/2021.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

Menurutnya, potensi di Kabupaten paling ujung madura ini disebabkan beberapa faktor. Yang pertama karena sudah masuk dalam musim penghujan.

Selain itu, lanjut Usman, ditambah akibat dari fenomena La Nina di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Sumenep sendiri.

“Fenomena Lanina ini berdampak pada peningkatan curah hujan yang tinggi dari 20 hingga 70 persen dari rata-rata hitungan dalam sebulan,”urainya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat kota keris ini agar tetap mengikuti imbauan dari BMKG dan update terhadap informasi perkiraan cuaca pada halaman resmi maupun akun Media Sosial (Medsos) resmi milik BMKG

“Masyarakat tetap harus update informasi, khususnya peringatan dini 3 harian yang dikeluarkan setiap saat oleh BMKG,” tandasnya. (nam/lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...