Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsRegionalHadirkan Marwah Pancasila, Pemkot Mojokerto Kenakan Pakaian Adat Saat Upacara

Hadirkan Marwah Pancasila, Pemkot Mojokerto Kenakan Pakaian Adat Saat Upacara

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Hadirkan marwah Pancasila, Pemerintah Kota Mojokerto ikuti pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 1945. Dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Selasa, 1 Juni 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Nampak, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria mengenakan pakaian adat khas Mojokerto.

Pemimpin perempuan dengan Spirit Of Majapahit ini nampak anggun dengan kebaya Mojokerto berpadupadan batik dengan kain berwarna coklat.

Begitupun sebaliknya dengan udung panjang sentuhan hitam pakaian khas Jawa Timuran dikenakan Wawali terlihat memberikan kewibawaan seorang pria Majapahit dari tanah Jawa.

Tak hanya Wali Kota dan Wawali, sebanyak 32 OPD, dan 10 Kepala Sekolah (Kepsek) pun menggunakan pakaian adat dari masing daerah di Indonesia di Ruang Nusantara III Kantor Pemkot Mojokerto.

Baca Juga: HNW: Dalam Pancasila Terkandung Nilai-Nilai Ajaran Islam yang Sangat Kuat

Ini semua merupakan penampakan wajah nusantara dengan perwujudan Bhinneka Tunggal Ika Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh.

“Ideologi bangsa kita Pancasila dimana penerjemahan dari itu adalah Bhinneka Tunggal Ika. Berbagai warna, berbagai suku berbagai adat istiadat budaya yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang besar. Dan memiliki kekuatan yang tidak terkalahkan oleh siapapun,” ungkap Ning Ita usai pelaksanaan upacara Harlah Pancasila.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco: Pancasila Bukan Hafalan tapi Amalan

Ning Ita mengungkapkan setiap warga negara haruslah memiliki semangat Bhineka Tunggal Ika, yakni bersatu menjadi satu kesatuan meskipun berbeda-beda.

“Nah semangat ini tentu saja harus terus dijaga, tidak hanya sekedar kita gaungkan tapi kita implentasikan dalam setiap perilaku dan tindakan kita khususnya di saat negara kita mengalami badai yang cukup besar yaitu pandemi Covid-19,” bebernya.

Baca Juga: Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Dipimpin Presiden Jokowi

Dimana untuk bangkit dari keterpurukan resesesi ekonomi yang dialami oleh bangsa ini, dibutuhkan effort yang luar biasa besar. Lanjut ia, kebangkitan dengan effort besar bisa diakukan hanya ketika semuanya bersatu.

“Semangat Bhineka Tunggal Ika menjadi pegangan bagi kita bersama. Dan semangat inilah yang meyakinkan kita semuanya. Badai sebesar apapun yang melanda bangsa kita akan bisa menghadapinya. Jika kita tetap bersatu dan bersama-sama menghadapai cobaan apapun tersebut,” paparnya.

Baca Juga: Rektor UGM: Internalisasi Nilai Pancasila Sesuaikan Kondisi Terkini

Saat dikonfirmasi terkait pilihan keharusan mengenakan pakaian adat. Dalam pelaksanaan upacara Harlah Pancasila pertama ini. Wanita dengan Spirit Of Majapahitnya menyebut jika hal tersebut merupakan implementasi wujud semangat kebersamaaan dan keberagaman dalam perbedaan.

Terlebih faktanya di Kota Mojokerto tak hanya ditinggali warga asli tanah jawa. Melainkan pula banyak suku-suku lainnya yang tinggal di sini.

“Mereka semua adalah saudara-saudara kita yang juga menjadi kekuatan atas besarnya bangsa ini dan bisa terus kita gandeng. Kita ajak untuk bersama-sama membangun Kota Mojokerto meskipun mereka bukan orang Jawa, meskipun mereka mungkin bukan asli orang sini tapi mereka adalah bagian dari Kota Mojokerto. Dimana bersama-sama punya hak maupun kewajiban untuk membangun kota kita tercinta,” tandasnya.

Tak hanya itu, usai upacara sepuluh anak yang berhasil menjadi juara diberikan penghargaan langsung oleh Ning Ita Wali Kota Mojokerto dan Wawali Zakaria. Selain itu, hadirpula Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi, Perwakilan Kodim 0815, dan Kajari Kota Mojokerto. (din)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Juara! AS Roma Petik Buah Manis Kerja Keras Selama Semusim

NUSADAILY.COM - JAKARTA - AS Roma menjuarai UEFA Conference League 2021/2022. Giallorossi disebut memetik buah manis sudah bisa bekerja keras dengan baik selama semusim. Saat...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily