Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalGusdurian Jatim Galang Dana untuk Korban Semeru

Gusdurian Jatim Galang Dana untuk Korban Semeru

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Gusdurian Peduli Jatim menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian Gusdurian terhadap warga yang terkena musibah di Lumajang,” kata Presdium Gusdurian Peduli Jatim Yuska Harimurti di Surabaya, Minggu.

BACA JUGA: DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu Korban Letusan Gunung Semeru

Menurut dia, untuk penggalangan dana secara umum dipimpin langsung Ketua Umum Gusdurian Peduli A’ak Abdullah Al Qudus yang kebetulan tinggal di Lumajang. Gusdurian adalah komunitas dari orang-orang yang memiliki kecintaan mendalam terhadap mediang KH Adurahman Wahid alias Gus Dur.

BACA JUGA: BPBD Jember Kirim Logistik dan Personel Bantu Penanganan Semeru

Yuska mengatakan, bantuan tersebut nantinya akan disalurkan kepada warga terdampak letusan Gunung Semeru yang berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Sebagian wilayah di dua kecamatan tersebut tertutup debu tebal hampir merata.

“Warga untuk sementara diungsikan di tempat aman,” katanya.

BACA JUGA: BNPB: Erupsi Gunung Semeru Telah Menyebabkan 13 Orang Meninggal Dunia

Adapun kebutuhan awal untuk penanganan para korban terdampak adalah kebutuhan dapur umum, masker, selimut, jas hujan, obat dan vitamin serta alas tidur.

“Kami membuka donasi yang mau membantu para korban terdampak letusan Gunung Semeru,” ujarnya.

BACA JUGA: Anggota DPR Minta BNPB-BPBD Kerja Cepat Tangani Erupsi Semeru

Adapun bantuan barang bisa disalurkan melalui Gusdurian Peduli Jatim di Surabaya. Dan donasi dana bisa melalui BCA 8610603999 atas nama yay jaringan Gusdurian peduli.

BACA JUGA: Musisi Jazz Idang Rasjidi Tutup Usia

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan hingga Minggu pukul 09.20 WIB. Letusan Gunung Semeru telah mengakibatkan 13 warga meninggal dunia.

Letusan Puncak Mahameru tersebut juga mengakibatkan puluhan orang terluka dan harus menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan. Data BNPB, tercatat sebanyak 41 orang terluka telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Dan kemudian dirujuk ke RSUD Haryoto dan Rumah Sakit Bhayangkara.(eky)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed