Kamis, September 23, 2021
BerandaNewsRegionalGerakan Mengkudeta Ketua KONI Jember Batal, Ganti Ajang Kumpul-Kumpul

Gerakan Mengkudeta Ketua KONI Jember Batal, Ganti Ajang Kumpul-Kumpul

NUSADAILY.COM – JEMBER – Rencana Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jember benar-benar diurungkan.

Padahal, gerakan untuk melengserkan Ketua KONI Jember Abdul Haris Afianto alias ‘Alfin Gagak Hitam’ telah dirancang secara matang dengan undangan yang sudah tersebar merujuk ke tempat acara di restoran Mangli Indah pada Selasa, 18 Mei 2021 siang.

Pembatalan dilakukan sendiri oleh Tim Sembilan, organ yang gencar menggalang dukungan cabang-cabang olahraga (Cabor) menggagas pemakzulan terhadap kepemimpinan Alfin.

Lantas kegiatannya diganti dengan format lain, yakni bukan lagi Muskorkablub melainkan ajang berkumpul yang menggunakan tajuk ‘Forum Konsolidasi Cabor’.

Ikhwal pembatalan kudeta tak lain dengan dalih ingin menghormati surat dari KONI Jatim yang meminta agar rencana Musorkablub ditunda.

“Ya, hasil pembicaraan dengan teman-teman. Sejauh ini, kita juga masih terus berkomunikasi dengan KONI Jatim,” ujar Ahmad Fathony, anggota Tim Sembilan.

Sebelumnya, pada Senin, 17 Mei 2021 lalu, KONI Jatim memang mengirimkan layang resmi kepada Tim Sembilan yang berisi permintaan agar Musorkablub ditunda sampai dengan selesainya upaya mempelajari perlu tidaknya agenda tersebut.

Surat itu ditandatangani Sekretaris Umum KONI Jatim, Suwanto untuk membalas surat dari Tim Sembilan Musorkablub yang dikirim pada tanggal 3 Mei 2021 lalu.

Turunnya surat dari KONI Jatim yang hanya selang sehari sebelum Musorkablub, sangat disesalkan oleh Fathony.

“Kita melihat KONI Jatim seperti mencari posisi aman,” tutur pria yang mantan atlet Tarung Derajat dan kini menjadi Ketua Cabor Persatuan Tinju Amatir Nasional Indonesia (Pertina) Jember itu.

Sebab menurutnya, gejolak di tubuh KONI Jember lantaran disebabkan oleh kepemimpan Alfin yang tidak mumpuni dan semestinya diganti secepat mungkin.

“Dia (Alfin) sudah tidak layak untuk memimpin KONI Jember. Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim sudah semakin dekat, akan digelar tahun depan dengan Jember sebagai salah satu tuan rumah,” ujar Fathony.

Sedangkan, situasi berbalik Alfin berada diatas angin pasca turunnya Surat KONI Jatim karena Musorkablub tertunda.

“Surat KONI Jatim itu memang sudah sesuai prosedur. Karena kita melihat Musorkablub yang diketuai oleh Pak Sujatmiko tidak sah, tanpa didukung oleh 2/3 Cabor anggota KONI Jember,” tuturnya dengan rasa percaya diri.

Tuding Musorkablub Dilatari Sakit Hati


Alfin sempat menuding Musorkablub dilatari sakit hati beberapa pengurus yang dipecat karena tidak aktif berkegiatan selama 6 bulan. Kemudian berkelindan dengan kepentingan politik dan hasrat mengelola anggaran KONI dalam jumlah besar jelang Porprov 2022 sekitar Rp20 miliar.

Secara blak-blakan Alfin menyebut nama pengusaha jasa transportasi yang juga Ketua Askab Jember sebagai aktor intelektual dibalik manuver Tim Sembilan yang beberapa bulan pasca Pilkada 2020 selalu berusaha menggoyang posisinya.

“Saya yang bilang bahwa Sutikno itu, pemilik perusahaan bus Borobudur yang sangat berambisi menjadi Ketua KONI Jember. Sutikno adalah dalangnya, sedangkan Tim Sembilan hanyalah boneka. Saya siap fight,” ucapnya.

Adapun Suwanto menyatakan tetap menghormati keberadaan Tim Sembilan sebagai representasi dari cabor anggota KONI. Meski meminta penundaan Musorkab, tapi ia menegaskan tidak bermaksud untuk menghalangi.

Penundaan Musorkablub bertujuan agar KONI Jatim memiliki waktu untuk mencermati syarat-syarat terkait legalitas pelaksanaannya.

“Sedangkan saat ini, KONI Jatim masih konsentrasi mengurus persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Mohon waktu sekitar satu minggu. Cabor boleh meminta menggelar Musorkablub, asalkan didukung oleh 2/3 anggota KONI,” tegas Suwanto. (sut/aka)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...