Senin, September 26, 2022
BerandaNewsRegionalGenjot Pembangunan Pasar Benpas, Ning Ita Lakukan Sidak Lanjutan

Genjot Pembangunan Pasar Benpas, Ning Ita Lakukan Sidak Lanjutan

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Proses pembangunan pasar Benteng Pancasila (Benpas) kembali dipantau Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari didampingi Kepala Disperindag Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo, Kamis, 17 September 2020.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ning Ita sapaan akrabnya tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB usai membuka acara Pelaksana Kegiatan Studi Pendahuluan Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) Bumi untuk Rumah Tangga melalui Skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) oleh Kementerian ESDMU di Ballroom Hotel Ayola.

Tanpa pengawalan, wanita dengan “Spirit Of Majapahit” ini langsung mengecek sejauh mana proses pembangunan proyek yang menelan anggaran cukup besar, yakni Rp 11,2 miliar.

BACA JUGA: Pulihkan Ekonomi, Ning Ita Tinjau Pembangunan Pasar Benpas dan Rest Area Gunung Gedangan

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini tak segan meminta penjelasan secara langsung kepada pimpinan proyek terkait perkembangan proyek bantuan dari Kementerian PUPR ini.

“Ini tadi tak terencana, sekali jalan habis dari membuka acara konsultasi publik pembangunan Jargas Bumi rumah tangga di Hotel Ayola. Karena lokasinya berdekatan, jadi saya sempatkan untuk mengecek kesini,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, kunjungan ini untuk memastikan bahwa proses pembangunan proyek pasar ini sudah sesuai jadwal yang ditentukan dan bisa terselesaikan di tahun ini. 

“Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo di tahun 2021 nanti, fokusnya adalah pemulihan ekonomi. Salah satu unsur untuk pemulihan ekonomi ini ialah ketersediaan sarana dan prasana perdagangan, seperti pasar ini,” paparnya.

Untuk pasar Benteng Pancasila ini, lanjut Ning Ita, sudah hampir selesai pembangunannya. Bulan depan akan ada serah terima dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Mojokerto. Sehingga, dia berharap tahun depan pedagang sudah bisa menempati sarana dan prasarana yang disediakan.

“Setelah diserah-terimakan, akan kita resmikan dan segera digunakan sejumlah pedagang. Selain menyiapkan sarana dan prasarana fisik, saya juga tengah menyiapkan pembayaran secara cashless yang merupakan salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Memastikan Pembangunan Sesuai Jadwal

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Mojokerto Ruby Hartoyo, membenarkan jika sidak Wali Kota kali ini juga untuk memastikan pembangunan proyek ini berjalan sesuai jadwalnya.

“Tadi bu wali sudah mendapat penjelasan langsung dari pimpinan proyeknya. Sejauh ini semua berjalan sesuai jadwalnya,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun Nusadaily.com, proyek pembangunan kembali sentra PKL Benpas yang terbakar pada 23 September 2017 lalu ini, menggunakan dana dari APBN senilai Rp 11,2 miliar lebih.

Pembangunannya menggunakan dana penugasan dari Kementerian PUPR yang diusulkan pada tahun 2018 lalu dan direalisasikan pada tahun 2019 kemarin.

Sementara untuk jumlah kios yang akan dibangun sebanyak 204 kios pedagang dan diperioritaskan bagi pedagang lama yang sudah terdaftar. (din/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kecelakaan Maut di Tol JORR, Mobil Terguling Disopiri Suami: 2 Korban Tewas Istri dan Anak!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Toyota Calya bernopol F-1303-RS terguling setelah menabrak bagian belakang mobil boks di Km 5+800 Tol JORR arah Kembangan. Mobil...