Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalGeliatkan Gerakan Bersih-bersih Kali untuk Mengatasi Sedimentasi Saluran Air

Geliatkan Gerakan Bersih-bersih Kali untuk Mengatasi Sedimentasi Saluran Air

NUSADAILY.COM -KOTA BATU-Sedimentasi di Kali Paro, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kota Batu mulai dibersihkan secara bergotong royong dengan cara manual pada Jum’at pagi (15/1). Kegiatan bersih-bersih sedimentasi di Kali Paron dihadiri Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Sedimentasi cukup parah ini membuat pendangkalan di Kali Paron. Imbasnya, saat terjadi hujan lebat pada Minggu (10/1), air meluber dan membawa material lumpur disertai bebatuan. Selain itu, plengsengan teknis pembatas sungai ambrol dengan dimensi panjang 2,4 meter, lebar 30 centimeter dan tinggi 95 centimeter.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, normalisasi di titik tersebut harus disegerakan. Agar dapat mengantisipasi kejadian itu tak terulang lagi saat hujan deras mengguyur.

Sedimentasi di aliran Kali Paron membuat daya tampung menciut. Maka perlu dilakukan pengerukan untuk mengembalikan kapasitas saluran seperti semula.

“Jangan sampai air sungai meluap ketika kapasitasnya tak mampu menampung tingginya curah hujan akibat pendangkalan. Serta timbunan sampah-sampah yang diakibatkan dampak pengolahan lahan di daerah hulu,” kata Alfi.

Dikhawatirkan, luapan air membawa dampak lain seperti genangan air atau banjir yang merembet hingga ke jalan raya. Bahkan masuk ke dalam rumah warga. Ia berharap, agar ada kesadaran antar seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga daya dukung lingkungan.

Salah satunya tak membuang sampah ke saluran air. Karena saat dilakukan normalisasi banyak sekali ditemukan sampah domestik maupun limbah hasil pengolahan lahan berupa akar-akar maupun batang kayu.

Benda-benda yang tak harusnya dibuang di saluran air itu menjadi penyebab utama meluapnya air hingga ke jalan raya pada Minggu lalu (10/1). Luapan air juga membawa material lumpur yang menutup bahu jalan.

“Tindak lanjut dari arahan Ibu Wali Kota, kami agendakan gerakan masyarakat sadar terhadap sungai dengan melakukan kerja bakti pembersihan sungai-sungai seperti yg selama ini sudah beliau canangkan yaitu gerakan bersih-bersih kali,” timpal dia.(wok/aka)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...