Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalGandeng Jispro, Polres Probolinggo Kembangkan Budidaya Ikan

Gandeng Jispro, Polres Probolinggo Kembangkan Budidaya Ikan

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Di tengah pandemi COVID-19, upaya penguatan ketahanan pangan terus dilakukan. Langkah itu yang dilakukan Polres Probolinggo Kota dengan mengembangkan budidaya peternakan ikan bersama Jurnalis Probolinggo (Jispro).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Terharu, Jurnalis Probolinggo Niat Donasi Justru Dapat Surprise

Ribuan bibit ikan jenis nila maupun lele, ditebar dan dikembang biakkan di lahan kosong. Bahkan, lahan tersebut bekas bangunan tua di kawasan asrama kepolisian Jalan dr. Saleh Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Bahkan, Jispro yang terdiri dari jurnalis cetak, televisi maupun online memberikan 2500 bibit ikan nila pada Polres Probolinggo Kota. Nantinya, akan diperuntukan bagi masyarakat yang khususnya terdampak pandemi COVID-19.

Di areal itu, ada sekitar 4 kotak kolam ikan yang dibuat dari terpal dengan sistem Bio Flog. Dimana ada yang berukuran 4×3 meter dan 2×3 meter.

Bahkan, nantinya tak hanya dimanfaatkan untuk kolam ikan saja, tapi juga lahan budidaya sayuran yang tujuannya untuk ketahanan pangan.

Menurut Ketua Jispro, Rhomadona mengatakan aksi tebar benih ikan merupakan bentuk kepedulian para jurnalis, dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini.

Dampaknya, yang paling dirasakan adalah ketimpangan ekonomi yang dirasakan semua pihak. Tidak hanya didunia, namun juga di Indonesia tak terkecuali Kota Probolinggo.

BACA JUGA: Tanggalkan Kamera, Jurnalis Probolinggo Berjibaku Tarik Mobil Damkar

“Para jurnalis seperti kami, sangat terdampak pandemi ini. Budidaya ikan ini diharapkan bisa menjadi kedaulatan pangan bagi semua pihak,”jelas Rhomadona Sabtu, 15 Agustus 2020.

Kolam Ikan dari Lahan Kosong

Sementara itu, Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh menjelaskan, pembuatan kolam ikan oleh Polresta, dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong terbengkalai, yang ada di komplek asrama polri setempat.

“Melalui kolam ikan ini, rekan-rekan media ikut terlibat didalam upaya kedaulatan pangan. Dengan harapan, kita selalu tangguh menghadapi Pandemi COVID-19 ,” ujar Kompol Teguh.

Gerakan kedaulatan pangan melalui budidaya ikan air tawar ini, bukan hanya di Polres Probolinggo Kota. Pihaknya mengimbau, jajaran Polsek untuk melakukan hal yang sama agar lebih terintragsi di semua wilayah Kota Probolinggo. (ras)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily