Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita KhususEnaknya Nikah di Magetan, Kelar Ijab Langsung Dapat 'Kado Hidupku'

Enaknya Nikah di Magetan, Kelar Ijab Langsung Dapat ‘Kado Hidupku’

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan kembali luncurkan inovasi terbaru yaitu ‘Kado Hidupku’, Senin, 11 Oktober 2021.

Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Magetan, Drs. Hermawan MS.i, menyampaikan bahwa, ‘Kado Hidupku’ merupakan program Kerjasama antara Disdukcapil dengan Kementrian Agama (Kemenag) dan Kantor Urusan Agama (KUA) Magetan untuk memberikan kembahagiaan bagi masyarakat.

Baca Juga: Menpan RB Cahyo Kumulo Apresiasi Anjungan Dukcapil Mandiri di MPP Magetan

“Dengan adanya kerjasama ini, maka bagi warga Magetan yang mendaftarkan pernikahannya di KUA, selain mendapatkan buku nikah juga akan langsung merima Kartu Keluarga (KK) dan KTP el perubahan status. Sehingga mempelai tidak lagi perlu mengurus sendiri ke Disdukcapil,” katanya kepada nusadaily.com, usai menghadiri Ijab kabul warga di KUA Panekan, Senin, (11/10/2021).

Begitu calon mempelai mengurus dokumen perkawian, lajutnya, sekaligus juga mengurus dokumen kependudukan berupa perubahan KTP dan KK. Begitu usai ijab kabul di KUA status di KTP el langsung berubah jadi kawin.

Baca Juga: Terdampak Pandemi, Pedangdut Magetan Jualan Pecel

“Masyarakat tidak perlu lagi mondar-mandir ke Kecamatan atau Kantor Dispenduk untuk mengurus perubahan dokumen kependudukanya. Sedang keuntungannya bagi pemerintah segera mendapatkan data yang valid, bahwa yang menikah hari ini adalah ini,” jelasnya.

Lebih lajut dikatakan Hermawan, terima kasih atas kerjasama dengan Kemenag Magetan dan KUA Panekan yang telah Bersama-sama dalam MoU dengan Dukcapil dalam mewujudkan layanan masyarakat. Sesuai dengan moto dan tagline Dukcapil membahagiakan masyarakat bisa terwujud dalam momen sekarang ini.

Baca Juga: PPKM Darurat, Warga Magetan “Dilarang Menikah”, Kalau Nekat Ini Akibatnya

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, dan selamat kepada kedua mempelai,” pungkasnya.

Sementara itu, mempelai yang melaksanakan menikah mengaku sangat bahagia dan sangat terbantu. Karena jika harus mengurus perubahan dokumen, belum tentu dilakukannya secepatnya. Pasalnya pasangan suami istri ini bekerja dan jarang libur.

Baca Juga: Pengantin Magetan Menikah di Samping Jenazah Ayahnya

“Layanan Disdukcapil sekarang lebih mudah dan lebih gampang dan dekat dengan masyarakat. Buktinya hari ini saya menikah langsung dapat KTP dan KK dengan status kawin. Mudah-mudahan program ini dapat diikuti oleh daerah-daerah yang lain,” kata Suratman (40) mempelai laki laki, warga Desa Majung Kecamatan Panekan yang juga diamini oleh sang istri Karsini warga Sumberdodol.

Baca Juga: Viral Aksi Perempuan Misterius Bikin Macet Jalan Raya Magetan – Sarangan

Acara ijab kabul pasangan Suratman dan Karsini di KUA Kecamatan Panekan tersebut dihadiri oleh Kepala Disependuk Magetan Drs. Hermawan MS.i dan staf, Kepala Kemenag Magetan Muttakin M.Ag, Kepala KUA setempat beserta keluarga kedua mempelai. (disdukcapilmagetan/nto/ark)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...