Selasa, September 21, 2021
BerandaNewsRegionalDua Kali Pembatalan Keberangkatan, Antrean Masa Tunggu CJH Semakin Panjang

Dua Kali Pembatalan Keberangkatan, Antrean Masa Tunggu CJH Semakin Panjang

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Akibat dua kali pembatalan keberangakatan jamaah haji asal Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur yakni di tahun 2020 dan 2021 menyebabkan antrean masa tunggu CJH semakin panjang.

Otomatis, gagalnya keberangkatan jamaah haji ke Baitullah tersebut akan memperpanjang masa tunggu keberangkatan selanjutnya. Hal itu juga akan menambah antrean semakin panjang.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah menyebutkan, ada 671 jamaah haji di Sumenep yang gagal berangkat pada tahun 2021. Di tahun 2020 lalu, mereka juga gagal berangkat dengan pembatalan keberangkatan yang sama.

“Jumlah itu sudah sesuai dengan kuota haji Kabupaten Sumenep, yakni memberangkatkan 671 calon haji. Tapi tahun ini dibatalkan (lagi) karena pandemi Covid-19,” katanya, Sabtu 12 Juni 2021.

Pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Agama, lanjut Innani, membatalkan pemberangkatan jamaah haji pasti dengan banyak pertimbangan. Terutama menyangkut kesehatan dan perlindungan jamaah haji di masa Covid-19.

Pihaknya meyakini bahwa jika para jamaah haji yang batal berangkat pada tahun 2021 ini mengerti dan legowo. Meski demiiian, pihaknya berharap agar para jamaah haji tidak gampang percaya pada sumber hoaks atau berita bohong soal gagalnya pemberangkatan haji.

Pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini, kata Innani, juga membuat antrean pemberangkatan haji semakin panjang. Apabila dalam kondisi normal, Kemenag Sumenep sesuai dengan Kemenag Jawa Timur bisa memberangkatkan pada tahun 2051 atau sekitar 31 tahun lagi.

Namun karena dalam kurun waktu dua tahun gagal berangkat, antrean bisa semakin panjang hingga tahun 2052. “Karena ada pembatalan keberangkatan selama dua tahun, maka otomatis akan mundur dua tahun ke belakang,” pungkasnya. (nam/kal)

- Advertisement -
AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...