Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalDokter Perempuan Pimpin Organisasi Baru Bentukan NU Jember

Dokter Perempuan Pimpin Organisasi Baru Bentukan NU Jember

NUSADAILY.COM – JEMBER – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember resmi membuat badan otonom baru untuk bidang kesehatan. Yakni, Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU)

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Seorang dokter perempuan, Ulfa Elfiah dipilih menjadi Ketua Umum saat PDNU dibentuk pada hari Minggu, tanggal 23 Januari 2022 kemarin.

Baca Juga: Menelisik Pangkal Soal Prediksi Aklamasi Gus Is Ketua PCNU Kota Malang 2022-2027

Ketua Tanfidziyah PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab mengutarakan PDNU bertujuan menjadi lembaga khusus bagi kader yang berkiprah memberi layanan dasar kesehatan umat.

“Terbentuknya PDNU Jember ini diharapkan dapat memberikan manfaat di bidang kesehatan secara lebih luas bagi masyarakat NU khususnya dan masyarakat Jember pada umumnya,” jelas dia.

Baca Juga: Konfercab NU Kota Malang Dinilai Bakal Aklamasi, Gus Is Ketua PCNU 2022-2027

Gus Aab mengingatkan bahwa konsekuensi menjadi pengurus NU harus bersedia mengabdi untuk kepentingan umum.

“Ini merupakan bentuk ibadah para dokter NU untuk mewaqofkan dirinya bagi perjuangan umat yang lebih luas,” tegas pria yang juga dosen Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember itu.

Baca Juga: PBNU Jaga Jarak, Sekalipun dengan Parpol Buatannya

Akhmad Taufiq, pimpinan sidang pleno pembentukan PDNU menyebut, telah disepakati Ulfa Elfiah bakal didampingi oleh Hisyam Rifqi sebagai sekretaris, dan Cicih Komariah untuk posisi bendahara.

“Untuk selanjutnya, ketua dibantu sekretaris dan bendahara diamanati melengkapi kepengurusan dalam waktu maksimal satu bulan,” urainya.

Baca Juga: PCNU OKU Timur Tegaskan Netral Dalam Pemilihan Ketua PBNU

Sedangkan, Ulfa Elfiah menyatakan kesediaannya menakhodai PDNU. Ia bakal segera menyusun personel kepengurusan dari dokter-dokter berlatar belakang NU yang ada Jember.

“Pentingnya menyusun program-program strategis di bidang kesehatan. Tentu, untuk hal demikian ini dibutuhkan komitmen para dokter NU untuk berani mengambil kiprah setelah terbentuknya kepengurusan secara lengkap,” katanya.

Baca Juga: PBNU Putuskan Muktamar ke-34 NU Digelar Pada 23-25 Desember 2021

Momen ini dianggap sebagai sejarah baru bagi PCNU Jember karena berhasil memiliki organisasi spesifik bidang kesehatan. Apalagi, pembentukan PDNU untuk kali pertama dilakukan melalui forum secara hybrid, antara dalam jaringan dan luar jaringan.

Sejumlah pengurus NU seperti KH Abdul Hamid Pujiono, Dr. Sofyan Sauri, Dr. Hobri, KH. Yazid Khobir, Taufik Hidayat, dan Sholahuddin Al Ayubi turut terlihat dalam proses pendirian PDNU. (sut)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily