Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalDLH Sumenep Sediakan 100 Tong Sampah Khusus Masker

DLH Sumenep Sediakan 100 Tong Sampah Khusus Masker

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, Madura Jawa Timur menyediakan 100 tong sampah di lingkungan pemerintah dan tempat umum. Tong sampah tersebut dimaksudkan sebagai tempat khusus untuk membuang sampah masker demi menekan penyebaran COVID-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah, serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Agus Salam mengatakan, hal tersebut dilakukan berdasarkan intruksi dari menteri lingkungan hidup.

“Sesuai surat edaran Menteri Lingkungan Hidup, bahwa  kita dianjurkan untuk menyediakan tong sampah untuk masyarakat guna mengantisipasi penyebaran COVID-19,” katanya kepada Nusadaily.com, Selasa, 28 April 2020.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Lingkungan Hidup, DLH di masing-masing kabupaten/kota memang dianjurkan untuk menyediakan tong sampah di lingkungan pemerintah dan tempat umum.

Ia menyampaikan, tempat sampah tersebut sengaja disediakan agar sampah masker dengan sampah non medis tidak bercampur. Hal itu bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19.

“Dengan adanya tong sampah tersebut, untuk memfilter sampah medis dan non medis ditengah pandemi Covid-19,” terangnya.

Sedangkan teknisnya, pengumpulan sampah masker tersebut, menurut dia secara khusus akan ditangani oleh DLH.

“Nanti masker itu pengambilannya oleh petugas dari kami. Selanjutnya masker tersebut akan dilakukan pencucian dan kita potong-potong supaya aman dan tidak dipakai lagi oleh masyarakat.” tambahnya.

Dari sejumlah 100, Agus menyebutkan, pihaknya akan melakukan pengambilan sampah dalam dua kali sehari.

“Untuk penempatan sampah masker ini di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan di ruang publik. Seperti masjid, taman bunga, wifi corner dan Taman Tajamara,” pungkasnya. (nam/top)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

Tes Fitness, Ini Pemain Liverpool Paling Tangguh

NUSADAILY.COM - LIVERPOOL - Tahukah kamu siapa pemain Liverpool paling sip berdasarkan hasil tes fitness? Jangan kaget, dia adalah pemain veteran James Milner! Dilansir dari...