Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalDidukung Aplikasi Sirekap, KPU Sumenep Pastikan Tidak Ada Kecurangan

Didukung Aplikasi Sirekap, KPU Sumenep Pastikan Tidak Ada Kecurangan

NUSADAILY.COM—SUMENEP – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur memastikan tidak akan ada kecurangan dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Sumenep pada 9 Desember 2020 mendatang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebab, hal tersebut berdasarkan penerapan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sebagai instrumen rekapitulasi hasil pemungutan suara. Dengan diterapkannya Sirekap dalam pelaksanaan pilkada nanti, maka kevalidan data hasil pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) tidak dapat dicurangi.

“Jadi, di masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu harus memiliki HP Android didukung sinyal kuat dan mahir mengaplikasikan Sirekap,” kata Komisioner KPU Sumenep, divisi teknis penyelenggaraan dan data pemilih, Rahbini, Senin 2 November 2020.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) secara berjenjang untuk panitia pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS dalam mengaplikasikan Sirekap.

BACA JUGA: Soal Dibukanya Kembali Umroh 2020, Kemenag Sumenep Masih Menunggu

“Sirekap ini aplikasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Dimana berkas C1 (data manual) hasil pemungutan surat suara dilapangan itu langsung di Upload oleh panitia penyelenggara,” jelasnya.

KPU Sumenep, lanjut Rahbini, tidak mempunyai kewenangan megelola server Sirekap. Maka, tugas KPU Sumenep dalam menyelenggarakan pemilu yang adil tanpa adanya kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan pesta lama tahunan tersebut.

“Semua data itu langsung masuk ke pusat, jadi sulit untuk melakukan kecurangan. Kalau maksa dan ketahuan konsekuensinya ya masuk penjara,” pungkasnya. (nam/kal)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily