Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimDampak Erupsi Gunung Semeru, Puluhan Korban Luka Bakar dan Warga di Sejumlah...

Dampak Erupsi Gunung Semeru, Puluhan Korban Luka Bakar dan Warga di Sejumlah Desa ‘Terisolasi’

NUSADAILY.COM – LUMAJANG – Satu orang meninggal dan setidaknya 41 orang terkena luka bakar menyusul erupsi Gunung Semeru, Sabtu (04/12).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Warga terlihat dalam rekaman video menyelamatkan diri dengan latar kepulan asap tebal dari Gunung Semeru.

BACA JUGA : Gunung Semeru Erupsi Puluhan Rumah Warga Terendam Pasir hingga 4 Meter

Para saksi mata menggambarkan desa-desa penuh dengan abu dan suasana gelap karena asap tebal menutupi langit.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dalam jumpa pers bersama BNPB, Sabtu (04/12) mengatakan ada satu orang meninggal dan 41 warga mengalami luka bakar.

Namun ia mengatakan evakuasi belum dilakukan karena terkendala tebalnya lumpur di sekitar lokasi warga yang ditemukan meninggal dunia. Ia mengatakan belum diketahui penyebab meninggalnya warga.

BACA JUGA : Peningkatan Aktifitas Gunung Semeru Sore Ini

Dalam jumpa pers itu, Indah meminta kepada BNPB, “apabila cuaca memungkinkan, ada helikopter yang bisa memantau rakyat kami yang terjebak karena kami kesulitan betul.”

“Kasihan dan ini keluarganya menangis semua ini karena ada sekitar delapan sampai 10 orang yang terjebak. Barang kali ada heli yang bisa memantau,” kata Indah.

Upaya evakuasi terhambat tebalnya asap, putusnya listrik dan hujan deras selama erupsi sehingga mengakibatkan kondisi jalan berlumpur.

BACA JUGA : Malang Kecipratan Abu Vulkanik Gunung Semeru

Informasi terkait penerbangan dari AirNav Indonesia menyebutkan sampai Sabtu petang, “Tidak ada dampak signifkan aktivitas erupsi Gunung Semeru terhadap operasional pelayanan navigasi penerbangan oleh AirNav Indonesia, baik di Cabang Surabaya, Cabang Denpasar, Cabang Semarang, Cabang Yogyakarta maupun Cabang Solo.”

Jembatan Putus

Sejumlah warga yang mendiami kawasan yang terdampak parah akibat banjir lahar, dilaporkan terisolasi akibat jembatan penghubung yang roboh. Para saksi mata menyebutkan, Jembatan Perak di Kecamatan Candi Puro “putus” akibat terjangan banjir lahar.

“Jembatan Perak di Kecamatan Candi Puro, putus,” ungkap warga Lumajang, Joni Warouw, yang juga guru di SD Sumber Rejo, Lumajang.

BACA JUGA : Gunung Semeru Lumajang Erupsi

Dilaporkan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Candi Puro, “paling terdampak” akibat erupsi dan banjir lahan dingin Gunung Semeru.

Saksi mata lainnya, Harry Purwanto, warga kota Lumajang, menerima laporan bahwa ambruknya jembatan itu membuat akses dari kota Malang ke Lumajang “terputus”.

Adapun desa yang paling parah, menurut Joni, yaitu Desa Sumber Sari dan Desa Sumber Urip.

“Satu kampung terisolasi yakni Kampung Curug Koboan,” tambahnya. “Karena akses menuju dan keluar kampung terhalang aliran lahar.”(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed