Senin, September 27, 2021
BerandaBerita KhususBupati Jember Juga Tanggapi Gelaran Pesta Nikah Anak Dokter Saat Berlaku PPKM...

Bupati Jember Juga Tanggapi Gelaran Pesta Nikah Anak Dokter Saat Berlaku PPKM Level 4

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kabupaten Jember masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Sehingga, berlaku larangan acara pernikahan yang disertai undangan kepada banyak orang.

Per hari Minggu, 1 Agustus 2021, di Jember terakumulasi 11.919 orang yang positif COVID-19 dengan sebanyak 2.079 dalam status kasus aktif. Terdapat 8.854 orang yang sembuh, dan 986 orang sudah meninggal dunia. Sedangkan kategori suspek 88 kasus, probable 35 kasus, diisolasi 88 kasus, serta discarded 3062 kasus.

Kendati demikian, masih saja ada yang membandel. . Padahal, sudah kerap diumumkan pemerintah bahwa pernikahan boleh-boleh saja dengan syarat tanpa pesta. Tak pelak, menuai tindakan proses hukum oleh kepolisian.

Contohnya, peristiwa heboh baru-baru ini, yakni gelaran pesta pernikahan anak Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab di Kecamatan Bangsalsari, dan hajatan nikah untuk anak mantan Direktur RS Jember Klinik, dr Agus Burhan Syah yang berlangsung di Kecamatan Ajung.

Bupati Jember Hendy Siswanto selaku Ketua Satgas COVID-19 menanggapi insiden dugaan pelanggaran prokes oleh Burhan setelah sebelumnya juga mengomentari terkait Gus Aab.

BACA JUGA: Bupati Hendy Sesali Undangan Banyak Orang dalam Pesta Nikah Anak Ketua PCNU Jember

Menurut Hendy, pihaknya langsung mengerahkan tim yang terdiri dari unsur Satpol PP, TNI, dan Polri untuk mengetahui hal yang terjadi pada acara pesta pernikahan anaknya Burhan. “Seperti itu. Kita cek duluan,” terangnya.

Pesta nikah anak Burhan memang tampak menghadirkan sejumlah orang. Bahkan, berdasarkan foto-foto yang beredar terlihat sebagian diantaranya tidak memakai masker, termasuk mempelai pengantin serta Burhan sendiri.

Burhan adalah ahli kesehatan yang juga kakak kandung dari artis dan penyanyi papan atas, Anang Hermansyah. Dalam hajatan menikahkan anaknya, dia mengemas acara seperti pesta kebun dengan adanya hiasan bunga dan pohon di lokasi.

Bupati Hendy mengingatkan, situasi di Jember sangat rentan terjadi penularan corona virus. Maka, upaya pencegahan wabah yaitu semua pihak wajib mematuhi peraturan dari pemerintah tentang prokes yang salah satunya tidak menggelar acara melibatkan terlalu banyak orang.

“Tolong semuanya mengikuti pemerintah agar taat prokes terkait penanggulangan COVID-19. Kami menerapkan intruksi Mendagri yang berlaku untuk Jember PPKM Level 4. Seperti yang bapak ibu ketahui semua, sekarang banyak korban akibat pandemi COVID-19,” tutur dia.

Ia berpendapat, kesadaran umum berupa kepatuhan terhadap prokes sebagai hal terpenting dalam menanggulangi wabah corona virus. Adapun penerapan hukuman kurungan atau denda uang bagi yang melanggar sebagai upaya memberi efek jera pelanggar prokes.

“Kita semua wajib sama-sama bertanggung jawab. Polri menerapkan benar masalah tindakan, harus diputuskan jelas denda atau hukuman. Kita jangan lihat dendanya, tapi lebih dari itu adalah penerapan PPKM Level 4 ini beneran serius ingin melindungi rakyat,” tegas Bupati Hendy.

Pemkab Jember sendiri memiliki paket kebijakan untuk penanggulangan pandemi COVID-19. Secara umum berupa anggaran refocusing atau pengalihan dana alokasi khusus (DAK) sekaligus bagi hasil cukai tembakau sebesar Rp160 miliar, bantuan sosial senilai Rp28,1 miliar, dan belanja tidak langsung dengan nominal Rp21 miliar.

Refocusing diperuntukkan bagi penanganan COVID-19, dukungan terhadap vaksinasi, support untuk desa/ kelurahan, insentif kepada tenaga kesehatan, dan belanja kesehatan prioritas. BTT anggaran khusus yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk membiayai kegiatan dalam situasi darurat. Bantuan sosial ditujukan membantu masyarakat agar terhindar dari kemiskinan serta bertahan saat terjadi kebencanaan kesehatan seperti pandemi COVID-19 sekarang ini. (adv/sut/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...