Rabu, Desember 1, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalBPBD Sumenep Ingatkan Warga Jelang Pergantian Musim Terhadap Potensi Bencana

BPBD Sumenep Ingatkan Warga Jelang Pergantian Musim Terhadap Potensi Bencana

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, Abd. Rahman Riadi, ingatkan warga sumenep terhadap potensi bencana jelang pergantian musim tahun ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Diimbau untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap potensi-potensi bencana, terutama pada masa pergantian musim kemarau dan hujan,” katanya, Rabu 27 Oktober 2021.

Pergantian musim ini, kata Rahman, masyarakat sumenep perlu banyak waspada. Diantaranya terjadinya potensi hujan deras yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir serta angin kencang berupa puting beliung.

Seperti diketahui, wilayah di kabupaten paling ujung timur madura ini yang sering terjadi longsor saat musim penghujan yakni di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Pragaan dan Guluk-guluk.

Sedangkan angin puting beliung, biasanya di pesisir pantai seperti Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget. “Ini dapat dimungkinkan terjadi berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya,” imbuh Rahman.

Lebih lanjut, Rahman mengaku jika selama terjadinya angin puting beliung dan longsor di Kabupaten berlambang kuda terbang ini tidak ada korban jiwa.

Selain itu, untuk kerusakan bangunan warga terbilang cukup sedikit dengan prosentase dibawah 50 bangunan. “Kami meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada pada pergantian musim,” jelasnya.

“Serta tidak membuang sampah sembarangan karena dapat menutup saluran drainase tersumbat yang dapat menimbulkan genangan air,” tutupnya. (nam/aka)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR