Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalBioskop Mau Buka, Dinkes Kota Malang Cek Protokol Kesehatan

Bioskop Mau Buka, Dinkes Kota Malang Cek Protokol Kesehatan

NUSADAILY.COM – MALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mendatangi dua gedung bioskop di Kota Malang, Jumat (23/10). Mereka melakukan pengecekan kesiapan protokol kesehatan yang telah diterapkan. Hal tersebut dilakukan menindaklanjuti rencana pembukaan kembali sejumlah bioskop di Kota Malang, Sabtu (24/10) besok.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengungkapkan, kunjungan tersebut dilakukan lantaran pihaknya menerima surat dari Movimax.

“Kami melakukan kunjungan ini karena ada surat dari Movimax yang memberitahukan tentang rencana pembukaan studio (bioskop),” terang dia.

BACA JUGA: Seminggu Buka, Bioskop NSC Kepanjen Sepi Pengunjung

Menurut pria berkacamata ini, selama melakukan pengecekan, bioskop tersebut dinilainya sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ada. Mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan hingga menggunakan masker.

“Kalau dilihat dari pola keluar-masuk pengunjung, sudah memenuhi (protojol kesehatan). Namun, ada beberapa catatan yang bisa dijadikan tambahan,” kata dia.

Husnul menguraikan, catatan tambahan yang dimaksud adalah penyaring udara atau air purifier yang diletakkan di dalam gedung bioskop.

“Di dalam gedung, harus ada penyaring udara agar mampu menyaring hembusan nafas dan menghisap udara yang ada di dalam gedung. Sehingga, ada sirkulasi udara,” papar dia.

Setelah pengecekan tersebut, Dinkes Kota Malang akan membuat surat rekomendasi kepada Satgas Covid-19 Kota Malang.

“Setelah ini, kami buat rekomendasi kepada satgas. Setelah itu, kepada Wali Kota Malang,” lanjut dia.

Sementara itu, Pengelola Movimax Sarinah, Wanda Juliant menambahkan, sejak tiga bulan lalu, pihaknya suudsh menerapkan sejumlah protokol kesehatan sebagai salah satu bentuk kesiapan pembukaan bioskop. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan pada kursi bioskop, catatan daftar tamu hingga cuci tangan.

“Kami juga menyediakan hand sanitizer. Serta, makanan tidak boleh diimakkan di dalam studio, hanya di ruang tunggu saja,” kata dia.

Tak hanya itu, kapasitas penonton juga sudah dikurangi, yakni sekitar 50 persen dari total kapasitas. Sehingga, para penonton tidak bisa duduk berdempetan.

“Petugas juga dilangkapi dengan protokol kesehatan. Mulai dari masker, face shield hingga sarung tangan,” papar dia.

Sementara, terkait penyaring udara yang dimaksud oleh Dinkes Kota Malang, pihaknya sudah melakukan persiapan.

“Kami sudah punya beberapa unit, tinggal dinyalakan saja, sudah terpasang,” papar dia.

Berbagai kelengkapan protokol kesehatan tersebut menurutnya sudah memenuhi aturan sesuai dengan Perwali Nomor 30 Tahun 2020.

“Kami sudah patuhi Perwali. Namun, masih menunggu Dinkes untuk menyerahkan rekomendasi ke Satgas Covid-19 dan Wali Kota Malang. Mudah-mudahan, bisa buka. Sebab, selama tujuh bulan tutup ini kami betul-betul berusaha bertahan hidup,” kata dia

BACA JUGA: Awasi Ketat Prokes di Bioskop, Petugas DKI Jakarta Nyamar Jadi Penonton

Pada kesempatan tersebut, dia menambahkan, jika memang sudah diperbolehkan untuk kembali beroperasi, pihaknya menjamin keamanan dan kenyamanan penonton dengan protokol kesehatan yang ada.

“Setelah selesai penanyangan jam sebelumnya, kursi langsung kami semprot disinfektan. Serta, sirkulasi udara juga sudah diatur,” kata dia.

Meski demikian, Wanda menambahkan, stok film yang akan ditayangkan juga masih stok lama. Sebab, selama masa pandemi, banyak jadwal film yang berubah.

“Untuk filmnya, masih stok lama. Namun, harga tiketnya tetap, tidak berubah,” pungkas dia.(nda/lna)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily