Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalBersihkan Sungai, Mahasiswa di Probolinggo Temukan Limbah Medis Tercecer

Bersihkan Sungai, Mahasiswa di Probolinggo Temukan Limbah Medis Tercecer

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Di tengah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sejumlah mahasiswa di Kabupaten Probolinggo menemukan limbah medis dibuang serampangan di sungai Desa Kedungrejo, Kecamatan Bantaran, Kabupaten setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Awalnya, mahasiswa asal Universitas Zainul Hasan Gonggong itu hendak membersihkan areal jembatan Kedungrejo. Mereka kemudian menemukan limbah medis B3 dalam satu tumpukan sampah.

“Saat itu kami bersih-bersih pada Jumat, 21 Agustus lalu. Awalnya kami gak tau mas, kalo itu limbah berbahaya. Tapi setelah kami unggah facebook, banyak yang komentar limbah itu nggak boleh dibuang sembarangan,” kata Puspa saat dikonfirmasi, Senin, 24 Agustus 2020.

Areal sungai di bawah jembatan, tempat ditemukannya limbah medis oleh Mahasiswa di Kabupaten Probolinggo. (istimewa)

Sontak unggahannya di Facebook itu memicu polemik di kalangan warganet. Yang termasuk kategori limbah medis yakni seperti jarum bekas, botol-botol vaksin, kapas dan lainnya.

BACA JUGA: Limbah Medis Kembali Ditemukan di Bantaran Sungai Dinoyo

Namun bersama teman-temannya, limbah tersebut diserahkan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Aksi bersih-bersih sungai tersebut juga masih akan dilanjutkan.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi menyampaikan, limbah B3 yang telah diamankan pegawainya dari mahasiswa itu telah diserahkan ke Rumah Sakit Waluyojati, Kraksaan untuk dimusnahkan.

BACA JUGA: Limbah B3 Medis COVID-19 Capai 1.100 Ton, Tujuh Provinsi Rawan Penyebaran Penyakit

Ditanya siapa pihak yang tak bertanggung jawab, membuang limbah B3 sendiri ke sungai Desa Kedungrejo, pria yang pernah menjadi Kepala Diskoperindag ini menyebut masih belum ke arah tersebut.

“Untuk sementara kita amankan limbahnya dulu mas. Sambil lalu nanti kami sosialisasi ke masyarakat, agar jika membuang limbah B3 ditempat semestinya. Kalo di desa bisa melalui puskesmas-puskesmas setempat,” ucapnya melalui sambungan seluler. (ras/lna)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily