Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalBeri Penyuluhan Hukum, Strategi Kejari Kota Batu Bangun Kedekatan dengan Masyarakat

Beri Penyuluhan Hukum, Strategi Kejari Kota Batu Bangun Kedekatan dengan Masyarakat

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

KOTA BATU- Kejari Kota Batu memberikan penyuluhan hukum perkara waris/perdata di Desa Junrejo, Kota Batu (Selasa, 17/11). Kegiatan ini hasil kolaborasi antara Pemdes Junrejo dan Kejari Kota Batu.

Selain itu, dilakukan sosialisasi program Jaga Desa yang dilaunching dua bulan lalu bersama Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Kegiatan yang digelar di wahana desa wisata, Bring Raharjo ini untuk pembekalan perkara hukum bagi lembaga desa dan pelayanan publik.

Kajari Kota Batu Supriyanto mengatakan, pihaknya ingin mengedepankan upaya preventif dengan mencari akar permasalahan di masyarakat. Sehingga bisa mengidentifikasi problematika hukum dan mencari solusi agar tak terbelit perkara hukum.

“Kami ingatkan keuangan desa dikelola sebaik mungkin. Efektif, efisien dan akuntabel,” tutur Supriyanto.

Pengawasan terhadap tata kelola keuangan desa merupakan tugasnya yang dimasukkan dalam program Jaga Desa. Selain itu harus dibangun pula kontribusi positif kepada masyarakat. Salah satunya melalui konsultasi hukum dengan blusukan mendengar permasalahan yang disampaikan warga.

Permasalahan seputar KDRT hingga ahli waris menjadi pokok utama yang disampaikan warga. Menanggapi curahan warga, Supriyanto meminta ada ruang komunikasi seluas-luasnya agar segera bisa diuraikan.

Banyak Masalah Menumpuk

“Sebetulnya banyak masalah yang menumpuk dan sebagian kecil saja yang mencuat ke permukaan,” kata dia.

Pihaknya juga membuka diri bagi masyarakat untuk menerima konsultasi hukum. Layanan itu bisa dilakukan di tempat kerjanya ataupun melalui aplikasi online konsultasi hukum yang ditempatkan di kantor pemdes.

“Atau kami yang datang langsung kepada masyarakat. Kami ingin potensi perkara hukum bisa ditekan seminim mungkin di Kota Batu,” timpal dia.

Terobosan ini juga untuk mengubah paradigma masyarakat yang merasa takut saat berhadapan dengan aparat penegak hukum. Sehingga ia pro aktif membangun kedekatan dengan masyarakat.

“Kami ingin mengajak masyarakat sebagai mitra kami. Dan hak masyarakat untuk mendapat pelayanan,” pungkasnya.

Kades Junrejo Andi Faizal Hasan menilai program yang digagas Kajari Kota Batu membawa harapan dan pencerahan baru. Karena pro aktif turun langsung ke masyarakat memberikan penyuluhan hukum. Dengan begitu akan terbangun kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Kami sambut senang hati dan program jaga desa dan penyuluhan hukum ini sangat bermanfaat bagi kami dan masyarakat,” tutur Faizal.(wok/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Nicolo Zaniolo Bangkit Jadi Pahlawan AS Roma!

NUSADAILY.COM - TIRANA - Nicolo Zaniolo mendedikasikan gelar Conference League untuk pihak yang di sisinya saat situasi sulit. Ia bangkit menjadi pahlawan AS Roma...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily