Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalBerdalih Minim Anggaran, Pemkab Blitar Tak Mampu Bina UMKM

Berdalih Minim Anggaran, Pemkab Blitar Tak Mampu Bina UMKM

NUSADAILY.COM – BLITAR – Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencapai 9.200. Jumlah itu sesuai pendataan terakhir tahun 2017 lalu. Diperkirakan saat ini jumlahnya semakin banyak, mengingat data itu diambil dua tahun silam.

Dari ribuan UMKM itu, ternyata tidak semua mendapat pembinaan dari Pemkab Blitar. Minimnya anggaran menjadi alasan bagi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro melakukan pembinaan bagi seluruh UMKM yang ada.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Lyes Setyaningrum, Kamis 16 April 2020. Sampai saat ini baru 1.700 UMKM yang sudah mendapatkan pembinaan. Keterbatasan anggaran, diakuinya menjadi kendala baginya untuk melakukan pembinaan bagi seluruh UMKM yang ada.

“Setiap tahun kita sebenarnya sudah mengusulkan anggaran pembinaan. Tapi ya memang anggarannya terbatas, makanya pembinaan belum bisa maksimal kepada seluruh UMKM,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Lyes, pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, banyak pergeseran anggaran digunakan untuk penanganan Covid-19. Sehingga pihaknya tidak bisa menganggarkan pembinaan bagi UMKM.

“Mewabahnya Covid-19 ini sangat berdampak. Kita tidak bisa menganggarkan lagi pembinaan, karena anggarannya saat ini fokus digunakan percepatan penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Lyes menambahkan, kedepan akan berupaya terus menganggarkan pembinaan bagi UMKM yang belum mendapatkannya. Harapannya, saat ini wabah virus corona segera berakhir, karena menimbulkan dampak yang besar bagi seluruh UMKM disegala bidang, baik olahan makanan, minuman, hingga kerajinan.(tan)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...