Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsRegionalBeda Level Pemprov Jatim Dengan Pemerintah Pusat Soal PPKM, Kabupaten Magetan Ikut...

Beda Level Pemprov Jatim Dengan Pemerintah Pusat Soal PPKM, Kabupaten Magetan Ikut Mana ?

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Beda level soal perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kali ini. Pemerimtah Provinsi Jawa Timur menyatakan tidak ada lagi level 3 dan 4.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu seperti yang disampaiakan Gubernur Khofifah bahwa Jawa Timur bebas level 3 dan 4. Seluruh Kabupaten Kota berada pada level 1 dan 2. Jika merujuk pada data Kementrian Kesehatan bukan Inmendagri nomer 43 tahun 2021.

Jika mendasar pada itu, Inmendagri terbaru maka sebaliknya, seluruh wilayah Jawa Timur tidak ada yang berasa pada level 1, yang ada level 2, malah didominasi level 3. Salah satunya Kabupaten Magetan, yang tetap bertahan dilevel 3 bersama Kabupaten Ponorogo dan 22 Kabupaten Kota lainya pada perpanjangan PPKM hari ini.

BACA JUGA: Langgar Aturan Saat PPKM, Polres Malang Siap Lakukan Penyelidikan

Dikonfirmasi terpisah Bupati Magetan Suprawoto membenarkan soal beda level ini. Namun pihanya tetap berpedoman pada Inmendagri. Soal beda level Pemprof dengan pusat dasarnya adalah dashboard Kemenkes.

“Ibu Gubernur dasarnya adalah dashboard Kemenkes, jika sesuai itu Kabupaten Magetan berada pada level 1 memang. Namun jika dasarnya Inmendagri ya level 3. Ada instruksi tambahan untuk bisa turun level 3 ke 2, yaitu capaian vaksinasi sudah harus 50 persen. Saat ini capaian vaksin di Magetan masih kurang dari 40 persen,” kata Suprawoto Bupati Magetan kepada nusadaily.com, Selasa, (21/ 09/ 2021).

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang Sampai 4 Oktober, Jawa-Bali Bebas Level 4

Untuk itu, lajutnya, Kabupaten Magetan tetap mengikuti intruksi dan aturan Mendagri yaitu level 3. Secara capain Magetan masih kurang dari 50 persen jumlah masyarakat yang tervaksin didosis pertama baru sekitar 40 persen dari jumlah penduduk.

“Untuk itu kita tetap berpedoman kepada Intruksi Mendagri, baik secara aturan maupun penerapan level. Dasarnya tetap Inmendagri terbaru nomer 43 tahun 2021, bukan dashboard Kemenkes,” pungkasnya.

Sementara itu dari catatan Dinas Kesehatan Magetan capaian vaksinasi di Kabupaten Magetan hingga hari ini, untuk dosis pertama sebanyak 34, 95 %. Untuk dosis 2 sebanyak 16, 80 %. Ini lebih tinggi capaianya bila dibandingkan dengan Kabupaten tetangga yaitu Ponorogo. Capaian vaksinasi Kabupaten Ponorogo untuk dosis pertama sebesar 31, 67 % dan untuk dosis ke- 2 sebesar 11, 42 %. (nto/kal)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu