Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsRegionalBea Cukai Jawa Timur II: 4 Persen Target Nasional Pemusnahan Rokok Illegal...

Bea Cukai Jawa Timur II: 4 Persen Target Nasional Pemusnahan Rokok Illegal Harus Dimaksimalkan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) berupa rokok ilegal, minuman beralkohol, komponen senjata, anak panah, sex toys, liquid vape dan barang hasil sitaan Pos lainnya berhasil dilakukan hari ini, Selasa (3/8/2021) dengan cara dibakar menggunakan mesin pembakaran bersuhu tinggi sehingga barang-barang tersebut tidak mempunyai nilai ekonomis.

Upaya tersebut sebagai langkah nyata yang dilakukan Bea Cukai guna penertiban nilai keamanan dan kenyamanan dimasyarakat terkait kegiatan keluar masuknya barang barang yang bercukai tersebut agar kondisi didalam negara tetap kondusif.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Bea Cukai Jawa Timur II Oentarto Wibowo menyebutkan, target nasional dalam pemusnahan rokok illegal adalah 4 persen dari keseluruhan jumlah rokok legal yang beredar.

“Kegiatan ini sangat penting dalam menekan peredaran barang ilegal, khususnya pengurangan semaksimal mungkin terkait rokok ilegal dimana Direktorat Bea dan Cukai selain melakukan penerimaan dari cukai juga ada tujuan lain, yakni mengurangi peredaran rokok ilegal dengan target sebesar 4 % harus kita maksimalkan dari jumlah rokok legal yang beredar,” ungkapnya.

Dengan adanya pemusnahan ini, diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap pelaku pelanggaran, dengan tak lepas dari dukungan dan kerjasama dari masyarakat serta memperkuat sinergitas dengan instansi terkait demi melindungi masyarakat dari barang barang illegal.

“Pihak kami pun telah membangun sinergi yang baik dengan aparat penegak hukum lainnya yakni Polri, TNI, Pemda serta masyarakat untuk terus berkomitmen melakukan penertiban terhadap barang impor ilegal, penyelundupan narkotika, prekursor, dan psikotropika maupun peredaran rokok dan minuman keras ilegal,” pungkas

Sementara itu, diinformasikannya pula selama tahun 2020, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Type Madya Cukai Malang telah melaksanakan pemusnahan terhadap sejumlah BMN yang berakibat pada kerugian Negara sebanyak Rp 4.879.695.875 Milliar.

“Ada BKC HT Batangan sebanyak 6.454.676 batang, BKC HT sebanyak 12.546 bungkus, BKC HPTL sebanyak 106 botol, BKC MMEA sebanyak 12.546 serta Barang Kiriman Pos sebanyak 162 item,” rinci Oentarto. (aje/kal)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Puluhan Pedagang di Pasar Mangaran Ikut Sosialisasi Bahaya Jual Rokok Ilegal

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo bersama Bea Cukai Jember menggelar sosialisasi bahaya menjual rokok ilegal, Senin, 18 Oktober 2021....