Kamis, Juni 30, 2022
BerandaNewsRegionalBanjir Rob Kerap Landa Kawasan Paciran Lamongan, Nelayan: Harus Dicarikan Solusi

Banjir Rob Kerap Landa Kawasan Paciran Lamongan, Nelayan: Harus Dicarikan Solusi

NUSADAILY.COM – LAMONGAN – Banjir rob kerap terjadi setiap tahun di kawasan pesisir Paciran Lamongan. Berdasarkan pengakuan warga setempat, pada tahun ini banjir rob terjadi hampir tiap bulan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Banjir Rob di Jateng, Walhi: Bencana Disengaja, Abai Krisis Iklim

“Di Paciran banjir rob sering terjadi setiap bulan, air mulai menggenangi kawasan ini di siang bolong dengan ketinggian air rata-rata sekitar sebetis orang dewasa,” ujar Ma’rufah, warga Desa/Kecamatan Paciran saat ditemui di depan rumahnya, Kamis (26/5/2022)

Tak hanya menggenangi permukiman warga, ungkap Ma’rufah, banjir juga merendam fasilitas umum dan akses jalan desa setempat. Akibanya kondisi itu membuat aktifitas masyarakat di Desa Paciran terganggu.

BACA JUGA : Inflasi Dunia Melonjak, China Kebal Terhadapnya

“Air di sumur-sumur milik warga yang biasanya rasanya tawar kini kalau banjir rob pun ikut asin rasanya. Nelayan sini dalam beberapa hari ini juga tak melaut, karena cuacanya tidak memungkinkan,” kata perempuan yang halaman rumahnya rutin digenangi banjir rob tersebut.

Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia (HNTI) Lamongan, Muchlisin Amar membenarkan bahwa banjir rob memang rutin terjadi tiap tahun di kawasan pesisir Paciran Lamongan. Tak hanya semakin intens, juga daya rusaknya semakin meningkat.

BACA JUGA : Ratusan Pekerja di Pelabuhan Tanjung Emas Terjebak Banjir Rob

“Banjir rob terjadi tiap tahun dan kebetulan tahun ini terjadi pada bulan Mei, yang disebabkan oleh banyak hal. Mungkin Pemerintah bisa segera untuk mengevaluasi, karena rob ini semakin tahun semakin sering dan daya rusaknya juga terus meningkat,” ungkapnya, dilansir dari beritajatim.com

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Heboh! Candi Borobudur Dibangun Nabi Sulaiman, Ini Faktanya

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya....