Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususBangkitkan Wisata Tradisi, Kota Malang Geber Festival Lempung Agung

Bangkitkan Wisata Tradisi, Kota Malang Geber Festival Lempung Agung

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Membangkitkan kembali potensi pariwisata daerah, warga Kampung Gerabah Penanggungan menggelar Festival Lempung Agung, Sabtu (23/10/2021).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mereka mengajak masyarakat untuk membuat gerabah mewarna gerabah, hingga kirap gerabah untuk dibawa ke bibir Sungai Brantas.

Setelah itu mereka melakukan prosesi mencuci gerabah bersama (ngumbah gerabah) sedang anak anak bermain air di Sungai Brantas.

Baca Juga: Festival Makan Papeda Dalam Gerabah Tetap Digelar Sesuai Protokol New Normal

Ketua Pokdarwis Kampung Gerabah Penanggungan, Hariyono menyampaikan, kegiatan ini juga rutin dilaksanakan.

“Gelaran event ini rutin dilakukan tiap tahun sebagai bentuk promosi kembali bahwa Kampung Gerabah siap di kunjungi untuk wisata edukasi. Paket wisatanya yakni membentuk gerabah, mewarna gerabah, kirab gerabah, dan mencuci gerabah,” kata dia.

Baca Juga: “Only For Tonight”, Kolaborasi Fitri Carlina dengan Big Marvel

Perlu diketahui, Festival Lempung Agung merupakan rangkaian dari 27 virtual event kerja sama antara 20 kampung tematik se-Kota Malang dengan Forkom Pokdarwis Kota Malang. Didukung juga oleh Disporapar Kota Malang sebagai penanda wisata kampung tematik siap dibuka untuk wisata.

Baca Juga: Melawan Zaman dengan Gerabah Tradisional

“Event kampung tematik ini diapresiasi oleh Kemenparekaf RI dan katanya dalam waktu dekat boleh dibuka. Kita nunggu verifikasi QR Code (PeduliLindungi),” ungkap Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang, Isa Wahyudi.

Baca Juga: Wow! Piring Bergambar Samson-Delilah Terjual Rp 24 Miliar

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyampaikan kerajinan di kawasan Betek ini merupakan sentra gerabah yang menjadi produk unggulan Kota Malang. Selain itu, juga bisa menjadi wisata edukasi gerabah.

Baca Juga: Jelajahi Lombok Sehari, Belanja Tenun hingga Menanti Senja di Bukit Merese

“Wisatawan dapat belajar tentang sejarah gerabah dari masa ke masa yang digunakan untuk kebutuhan peralatan rumah tangga hingga hiasan interior maupun ekterior,” terang dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa kegitan ini merupakan kegiatan untuk membangkitkan kembali pariwisata Kota Malang di masa pandemi. Ia berharap dengan kehadiran event wisata virtual ini dapat menarik wisatawan.(nda/adv/ark)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily