Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsRegionalBalada Bisnis Beras Koperasi KJHS Saat Uji Mutu Dibeber Terbuka

Balada Bisnis Beras Koperasi KJHS Saat Uji Mutu Dibeber Terbuka

NUSADAILY.COM – JEMBER – Tristianto, utusan dari UPT Pengujian Sertifikasi dan Mutu Barang (PSMB) Jember memastikan bahwa empat contoh beras berlabel Koperasi KJHS dalam kondisi tersegel kemasan sebelum dites.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dia juga meyakinkan, pengujian dilakukan secara profesional. Sama sekali tanpa unsur tendensi ataupun rekayasa. Pasalnya, PSMB selalu berupaya menjaga integritas sebagai laboratorium yang kredibel.

“Mekanisme pengujian laboratorium kami terakreditasi diakui secara nasional. Kami hanya menguji berdasarkan SNI beras yang ada persyaratan dari Kementerian Pertanian. Saat kami terima sampel masih tersegel,” ungkap Tristianto.

BACA JUGA: Hasil Uji Laboratorium Buktikan Mutu Beras Koperasi KJHS Tidak Sesuai

Penyampaian tersebut mengemuka dalam rapat dengar pendapat untuk membahas polemik kualitas beras Koperasi KJHS yang digelar oleh Komisi B DPRD Jember, Selasa, 5 Juli 2022.

Sekretaris Komisi B DPRD Jember, David Handoko Seto menyebut, beras label A, B, D, dan F yang beredar ke kalangan ASN diambil secara acak untuk diuji. Hasil pengujian membuktikan, mutu semua beras itu dibawah standar medium.

“Kami random sampling dari beras yang dibeli ASN. Tidak ada pengkondisian sampel. Itu hasilnya sekarang, mutu tidak ada yang sesuai ketentuan beras medium,” sahut David.

Dikatakan David, pengujian itu supaya memperoleh bukti untuk menghindari asumsi. Sebab, 23.000 orang ASN dan keluarganya mulai berjalan menjadi obyek penjualan beras Koperasi KJHS.

BACA JUGA: Dicurigai Paksa ASN untuk Beli Beras, Pemkab Jember Buka Suara Soal Koperasi KJHS

Mengingat, Pemerintah Kabupaten Jember telah menunjuk 9 penggilingan untuk memproduksi berasnya. Adapun setiap kilogram beras dipatok dengan harga senilai Rp9.000 atau setara harga medium.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Cerita Roy Citayam Fashion Week, Dulu Dapat Rp 5 Juta Sehari Kini Sepi Tawaran

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Citayam Fashion Week yang sempat menjadi fenomena kini tidak lagi eksis. Kawasan Dukuh Atas yang menjadi lokasi fashion show di...