Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalBacalon Wabup Blitar Kecantol Nama Beda di Ijazah dan KTP

Bacalon Wabup Blitar Kecantol Nama Beda di Ijazah dan KTP

NUSADAILY.COM-BLITAR- Bacalon Wabup Blitar kecantol nama beda di ijazah dan KTP. Itu sesuai hasil verifikasi administrasi syarat calon kepada bakal pasangan calon (bapaslon) Pilbup Blitar 2020 sudah disampaikan KPU Kabupaten Blitar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Jelang Penetapan Paslon Pilbup Blitar, Peresmian RSUD Srengat Dikebut

Dalam penyampaian, pihak kedua bapaslon, yakni Rijanto – Marhaenis serta Rini H R Santoso mengirim penghubung atau Liaison Officer (LO).

Dua Bacalon Wakil Bupati Wajib Perbaiki Dokumen

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso mengatakan, ada syarat administrasi yang perlu diperbaiki dari dua bapaslon yang sudah mendaftar, yakni berupa keabsahan dokumen. Menurutnya, kalau terkait kelengkapan dokumen sudah dilakukan ketika penerimaan pendaftaran. Hanya saja Hadi juga menegaskan tidak bisa memberikan keterangan lebih detail terkait kekurangan syarat yang dimaksud.

“Kalau batas waktu perbaikan sendiri berakhir sampai 16 September 2020 pukul 16.00 WIB. Sehingga mulai saat ini bapaslon bisa mengirimkan data perbaikannya. Untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kedua bapaalon beberapa waktu lalu sudah dinyatakan lolos dan memenuhi syarat ,” katanya kepada Nusadaily.com, Selasa 15 September 2020.

Ada temuan terkait ijazah kedua bacalon wakil bupati tersebut, yakni nama di ijazah tidak sama dengan KTP. Marhaenis sebagai bakal calon wakil bupati bersama Rijanto sebagai calon bupati, pada ijazah SMA swasta 17 Kodya Blitar, tertulis nama Henis Urip Widodo. Sementara di KTP, nama yang bersangkutan tertulis Marhaenis Urip Widodo.

“Kalau terkait perbedaan itu telah ada dokumen penetapan dari Pengadilan Negeri Blitar, jika memang ada perubahan nama. Jadi sejak Pak Henis maju di Pilbup 2015 dokumen itu sudah disertakan. Nah itu memang ada penetapan dari pengadilan jika namanya berubah. Semula Henis Urip Widodo menjadi Marhaenis Urip Widodo,” terangnya terkait Bacalon Wabup Blitar.

Sementara itu, Bawaslu juga menemukan nama di ijazah Bakal Calon Wabup HR Santoso. Nama pasangan Mak Rini ini, tertulis tidak sama dengan yang di KTP. Akhirnya KPU dan Bawaslu mendatangi sekolah yang menerbitkan ijazah SMA itu, yakni SMA swasta Kertanegara Lowokwaru Kota Malang.

“Pihak sekolah sudah memberikan keterangan, jika HR Santoso dan Rakhmat Santoso ini orangnya sama. Hanya di KTP ditambahi H itu singkatan dari Haji,” kata Hakam Sholahuddin, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar kepada induk imperiumdaily.com ini.(tan/cak)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed