Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalAntisipasi Penjarahan, Ditsamapta Polda Jatim Lakukan Patroli Wilayah Bencana Semeru

Antisipasi Penjarahan, Ditsamapta Polda Jatim Lakukan Patroli Wilayah Bencana Semeru

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Dampak bencana alam erupsi Gunung Semeru membuat puluhan permukiman warga di sekitar rusak, untuk mengantisipasi penjarahan barang-barang warga di rumah tersebut, Ditsamapta Polda Jatim rutin melakukan patroli.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ditsamapta Polda Jawa Timur, yang menerima laporan dari Kapolres Lumajang. Langsung memerintahkan anggotanya untuk penyekatan di jalur evakuasi.

“Langkah – langkah kami dari Tim SAR Ditsamapta Polda Jatim melakukan penyekatan di jalur evakuasi. Sedangkan warga sebagian masih berada di atas dan sudah ada pula yang turun,” ucap AKBP David, Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim.

David juga mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan tokoh masyarakat maupun perangkat desa yang ada di lokasi untuk membantu melakukan identifikasi mana penduduk asli maupun pendatang.

“Kami masih terus melakukan pencarian dan penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada masyarakat. Untuk mengevakuasi barang berharga milik warga maupun hewan peliharaan,” kata David.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan saat adanya musibah ini, Ditsamapta Polda Jatim terus melakukan patroli rutin di rumah – rumah warga terdampak.

“Upaya ini untuk mengantisipasi adanya orang luar untuk tidak memanfaatkan musibah yang sedang terjadi. Namun sampai saat ini tidak ada laporan adanya barang hilang maupun sebagainya,” jelas Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim.

Sementara untuk kondisi saat ini di hari ketiga, Selasa (7/12/2021) sebagian besar warga terdampak sudah mengevakuasi barang miliknya dan hewan ternak.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Akan Bangun Jembatan Gladak Perak Lumajang

“Hambatan kami pertama yaitu medan menuju tempat pertolongan warga, karena jalan berlumpur, terlebih banyak warga yang lalu lalang,” pungkas David.

Tak lupa, Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim juga menghimbau kepada srluruh masyarakat yang terdampak, apabila perlu bantuan yang tidak bisa terjangkau, kami berada disini siap untuk memberi pelayanan.

Sementara itu, Sayidi, salah satu warga terdampak Erupsi Gunung Semeru mengungkapkan, bahwa adanya peristiwa ini tidak ada barang berharga atau hewan ternak yang hilang.

“Ini karena adanya patroli rutin yang dilakukan oleh Bapak – bapak kepolisian,” ucapnya.

Selain melalukan patroli rutin, warga terdampak Erupsi Gunung Semeru ini juga merasa terbantu dengan pihak kepolisian yang turut melakukan evakuasi warga.

“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak kepolisian yang telah membantu melakukan evakuasi terhadap barang – barang milik warga terdampak,” salam Sayidi. (als/kal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed