Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalAkhirnya Jember Punya Arah Pembangunan untuk 5 Tahun Kedepan

Akhirnya Jember Punya Arah Pembangunan untuk 5 Tahun Kedepan

NUSADAILY.COM – JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember akhirnya punya arah pembangunan untuk 5 tahun kedepan, setelah bertahun-tahun tidak jelas kemana arah pembangunannya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Arah pembangunan ini ditetapkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember, Tahun 2021- 2026. Rancangan awal dari RPJMD ini, telah disosialisasikan ke seluruh jajaran Pemkab, di Pendopo Bupati, Jumat (9/7).

Rapat yang dikemas dalam forum konsultasi publik itu, dipimpin langsung Bupati Hendy Siswanto. Selain secara luring (tatap muka) di Pendopo, dengan dihadiri Forkopimda dan pimpinan DPRD Jember, kalangan akademisi, dan Tim Asistensi Ahli Percepatan Program Prioritas Bupati. Sementara para kepala OPD, camat, kepala desa/lurah dan organisasi mitra di wilayah Kabupaten Jember, dapat menyimak melalui daring/ virtual.

Bupati Hendy Siswanto menegaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk sosialisasi awal, sekaligus untuk meningkatkan peran masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam proses perencanaan.

BACA JUGA: Kisah Nelangsa Petugas Pemakaman COVID-19 Jember Tentang Honornya Dipotong 30 Persen

“Kami ingin mendapat masukan, usulan dan saran sebagai kelengkapan, perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Jember Tahun 2021-2026 ini,” kata Bupati Hendy.

Menurutnya, RPJMD daerah ini harus selaras dengan RPJMN dan RPJMD Provinsi Jawa Timur. Sehingga rencana pembangunan di Jember, kata Hendy nantinya akan selaras dan terintegrasi dengan rencana pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

BACA JUGA: Bupati Jember Beri Peluang Masyarakat Terlibat Aktif dalam Penanggulangan Bencana

Sementara prioritas pembangunan di Kabupaten Jember tahun 2021-2026 tersebut diarahkan pada beberapa bidang. Diantarnya, bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengajak seluruh masyarakat Jember untuk ikut berkontribusi dalam penyuksesan visi-misi Kabupaten Jember, untuk kelancaran dan suksesnya pembangunan di seluruh wilayah Jember.

“Sudah waktunya kita mengejar ketertinggalan kita dari daerah lain. Kita harus bekerja keras mengejar itu. Tentunya peran serta aktif seluruh masyarakat Jember sangat kami harapkan,” pinta Bupati.

8 Masalah Utama Yang Harus Segera Diselesaikan

Dalam kesempatan itu, Bupati Jember menekankan delapan permasalahan utama daerah yang harus segera diselesaikan bersama, dengan semangat sinergi, kolaborasi dan akselerasi.

Masalah itu, kata Bupati meliputi:

1.Pandemi Covid-19 masih belum selesai dan terdapat varian-varian baru dari Covid-19, yang butuh penanganan serius.
2.Pertumbuhan ekonomi terkontraksi sangat dalam, sehingga tingkat Pertumbuhan Ekonomi Jember, tercatat -2,98 persen.
3.Angka pengangguran berdasarkan data BPS di Jember meningkat sebanyak 19 ribu.
4.Jumlah penduduk miskin berdasarkan data BPS Jember juga turut bertambah sebanyak 21 ribu penduduk.
5.Ketimpangan pendapatan antara masyarakat yang kaya dan masyarakat yang miskin diukur dengan Indeks Gini masuk dalam kategori sedang.
6.Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Jember masih lebih rendah dibandingkan dengan Jawa Timur.
7.Masih tingginya AKI (angka kematian ibu), AKB (angka kematian bayi), dan prelevansi stunting di Kabupaten Jember.
8.Kesiap-siagaan terhadap bencana alam dan non alam di Kabupaten Jember.(yon)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed