Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsRegional72 Santri Ponpes Anwarul Haromain Positif COVID-19, Dilockdown Pemkab Trenggalek

72 Santri Ponpes Anwarul Haromain Positif COVID-19, Dilockdown Pemkab Trenggalek

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-TRENGGALEK- 72 santri Ponpes Anwarul Haromain positif COVID-19. Pondok Pesantran di Desa Baruharjo, Kecamtan Durenan, dilockdown, Kamis (12/11/2020). Paparan COVID-19 hingga kini masih terus terjadi di Kabupaten Trenggalek.

BACA JUGA: Pencuri SPBU Trenggalek Ditembak, Mengaku Uang untuk Obat Ibunya

BACA JUGA: Banjir dan Tanah Longsor Landa Munjungan Trenggalek, Warga: Mbok Yo Kami Ditengok… РImperiumdaily.com

Di pondok tersebut ada 72 santri yang dinyatakan terpapar positif COVID-19. Akibatnya, pondok pesantren tersebut kini dilockdown untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Temuan kasus ini merupakan kasus terbesar di Trenggalek, awalnya diketahui saat ada salah satu santri mengalami sakit. Kemudian menjalani pemeriksaan di layanan kesehatan. Saat pemeriksaan itulah santri tersebut diketahui positif COVID-19,” papar Kepala Dinas Kesehatan Trenggalek dr. Saeroni kepada Nusadaily.com Kamis (12/11/2020)

Setelah itu, pihak Dinkes melakukan penelusuran atau tracing terhadap kontak erat pasien di dalam pondok. Termasuk pada ratusan santri yang dilakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR)

“Hasilnya pemeriksaan PCR dari 133 santri ada 72 santri positif. Dan saat ini telah dilakukan karantina di dalam pondok,” imbuhnya soal 72 santri Ponpes Anwarul Haromain positif.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, sebagian besar kondisi santri yang positif corona dalam kondisi sehat tanpa gejala.

“Sebagian kecil bergejala ringan, seperti flu dan batuk,” tambahnya.

Dalam penangan kasus itu, seluruh santri yang positif COVID-19 tanpa gejala dilakukan karantina di dalam pondok. Sedangkan yang bergejala dikarantina di asrama COVID-19.

“Selain ini merupaka kasus terbesar juga menjadi klaster baru tersendiri. Namun penanganannya lebih mudah karena para santri berada di lingkungan khusus yang tertutup,” terangnya.

Sekadar diketahui, dari data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GGTP) COVID-19, jumlah masyarakat Trenggalek yang terkonfirmasi positif corona mencapai 410 orang. Dengan rincian 298 dinyatakan sembuh, 98 orang sedang menjalani karantina dan 14 orang meninggal dunia.(aby/cak)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Lakon Dewi Sri Boyong, Asa Bangkit dari Keterpurukan Dampak Pandemi

Pagelaran Wayang Kulit HUT ke-20 Kota Batu NUSADAILY.COM-KOTA BATU- Pementasan wayang kulit digelar Kota Batu dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Batu. Tepat di tanggal...