Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaNewsEkonomi356 Produk UMKM Magetan Sudah Masuk e-Katalog, Kecuali Kerajinan Kulit

356 Produk UMKM Magetan Sudah Masuk e-Katalog, Kecuali Kerajinan Kulit

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Ratusan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah tayang dalam katalog elektronik (e-katalog) LKPP Magetan. Total ada sebanyak 356 usaha dari beberapa etalase yang sudah bisa dicek secara online.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mayoritas didominasi oleh alat tulis kantor dengan total usaha yang sudah tayang mencapai 302 perusahaan. Namun tidak dengan produk kerajinan kulit.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Magetan Dyah Muharini menyebut, produk yang sudah terdaftar dalam e-katalog antara lain alat tulis kantor (ATK), jasa kebersihan, aspal, material bangunan, makanan dan minuman, pakaian dinas serta kain tradisional.

BACA JUGA: Pemkab Jember Belum Memasukkan Sebiji pun Produk UMKM ke e-Katalog

“Total sudah ada 356 usaha. Itu yang termasuk dalam kategori dari 10 etalase. Tapi masih ada beberapa etalase yang kosong. Dan yang terbanyak yang sudah terdaftar yakni alat tulis kantor,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (02/07/2022).

Dyah mengaku, jika sebagian produk UMKM Magetan memang ada yang belum masuk e-katalog, seperti di antaranya kerajinan kulit.

Meski begitu, produk-produk tersebut masih bisa didaftarkan dalam Jatim Bejo yang merupakan platform e-commerce atau marketplace milik Pemprov Jatim.

“Semisal UKM kulit yang tidak ada kategori etalasenya ya. Sementara bisa dimasukkan dalam Jatim Bejo,” lanjut Dyah.

BACA JUGA: Pusat Penjualan Oleh-oleh Kerajinan Kulit Magetan Terancam Tutup

Sementara, pihaknya sembari melakukan pengajuan untuk menambahkan kategori dalam etalase agar hasil-hasil kerajinan asal Magetan bisa dimasukkan dalam e-katalog LKPP.

“Harapannya nanti untuk UKM kulit yang jadi ikon Magetan juga bisa eksis di e-katalog. Meski kami membuka lebar kesempatan agar bisa masuk dalam Jatim Bejo,” pungkas Dyah.

Diketahui, dalam platform Jatim Bejo sudah ada beberapa usaha yang masuk kategori. Mulai dari produk agrikultur, tekstil, kesehatan dan kecantikan, serta makanan dan minuman. (nto/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Digugat Eks Pengacara Bayar Fee Rp 15 M, Begini Respons Bharada E

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E digugat mantan kuasa hukumnya Deolipa Yumara untuk membayar fee Rp 15 miliar. Gugatan itu...