Pria Bugil di Gunung Gede Pangrango Minta Maaf, Foto Cuma Buat Riset

  • Whatsapp
pria bugil gunung gede
Kolase: Istimewa
banner 468x60

JAKARTA – Dua pria yang diduga sebagai model foto bugil di Alun-alun Suryakancana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat, beberapa waktu lalu menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di media sosial.

BACA JUGA: Pendaki Bugil di Gede Pangrango, Apa Maksudnya?

Baca Juga

Akun Instagram @prau_mountain, Sabtu, 24 Oktober 2020, mengunggah video permintaan maaf mereka kepada warganet dan masyarakat Jawa Barat secara umum. Dalam video berdurasi 2 menit 5 detik itu, mereka memperkenalkan diri sebagai E dan BR.

“Mohon maaf kepada yang kurang berkenan dan tidak menyukai postingan saya dan E di Instagram pribadi milik kami, khususnya untuk masyarakat Jawa Barat dan juga teman-teman pendaki Indonesia,” kata mereka dalam video di akun Instagram @prau_mountain.

Selain meminta maaf, mereka juga bermaksud mengklarifikasi foto bugil yang diunggah ke media sosial.

Menurut mereka, foto tersebut merupakan bagian dari riset seputar ‘tubuh dan berekspresi’. Riset mereka diharapkan dapat mengubah sudut pandang masyarakat atau orang-orang di sekitar. 

“Jadi, nudis yang dimaksud di sini, itu menyuarakan atau protes atau advokasi melalui tubuh yang biasanya disuarakan untuk hak-hak individu atau mungkin perjuangan gender, seperti itu,” kata BR.

Meski begitu, mereka mengaku salah telah mengunggah dokumen riset tersebut ke Instagram.

Mereka paham bahwa konten foto bisa disalahgunakan dan diinterpretasi ulang, sehingga berbeda konteksnya dari yang dimaksud. Mereka juga mengaku telah belajar banyak atas viralnya kejadian ini.

“Di sini kami belajar dari kesalahan, sehingga mungkin ke depannya kita dapat lebih baik dan memilah apa yang harus kita posting. Serta lebih bijak dalam mem-posting sesuatu yang mungkin akan menjadi tidak baik nantinya,” tutur BR.

Sebelumnya, unggahan foto dua pria tanpa busana alias bugil tersebar luas di media sosial Instagram dan Twitter. Warganet pun banyak menghujat aksi dua pria tersebut. Pasalnya mereka berfoto di tempat yang dianggap sakral di Gunung Gede Pangrango.

BACA JUGA: Keterlaluan, Pendaki Bugil Pose di Kawasan Paling Sakral Gunung Gede Pangrango

Reaksi BBTNGGP

Setelah viral, pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) turut bereaksi dengan melakukan pelaporan ke polisi. BBTNGGP sangat menyesalkan ulah pendaki yang berpose bugil di gunung tersebut.

BBTNGGP bersama masyarakat sekitar kawasan meminta kepada pemilik akun IG @eyi_oei dan @bondanramadhani agar menghapus unggahan foto asusila tersebut dan menyampaikan permohonan maaf secara terbuka melalui media sosial yang bersangkutan kepada masyarakat Jawa Barat.

BACA JUGA: Dua Pria Bugil di Gunung Gede Pangrango Dikejar Polisi

“Kepada para netizen yang ikut mengunggah/ repost foto tersebut diminta untuk tidak menyebarluaskan dan segera menghapusnya,” ujarnya, Kamis 22 Oktober 2020.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pun akan berkoordinasi dengan pihak berwajib terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran peraturan perundangan terkait ITE dan atau Pornografi. (lna)

Post Terkait

banner 468x60