Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsPolitikTeno Usulkan Pemecatan 2 Mantan Ketua PDIP Kota Pasuruan

Teno Usulkan Pemecatan 2 Mantan Ketua PDIP Kota Pasuruan

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Perseteruan di tubuh PDIP Kota Pasuruan kian meruncing. Ini setelah dua orang mantan ketua PDIP, Pudjo Basuki dan Luluk Maulidiyah diusulkan dipecat dari keanggotaan PDIP.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pudjo dan Luluk yang kini hanya sebagai anggota biasa PDIP telah menjalani persidangan di Badan Kehormartan PDIP. Keduanya diminta klarifikasi atas pilihan politiknya mendukung pasangan calon walikota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) – Adi Wibowo.

BACA JUGA: Ketua NasDem Kota Pasuruan Didaulat Dampingi Cawali Petahana Teno

Pudjo Basuki adalah ketua PDIP Kota Pasuruan pada era transisi orde baru dan orde reformasi. Setelah kepemimpinannya, ketua PDIP dijabat Luluk Maulidiyah. Sejak Raharto Teno Prasetyo memimpin PDIP Kota Pasuruan, kedua orang ini hanyalah sebagai kader PDIP.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Eddy Paripurna menyatakan, usulan pemecatan terhadap Pudjo dan Luluk itu didasarkan surat dari Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. Setelah dilakukan rapat di DPD PDIP Jatim, usulan tersebut ditindaklanjuti dengan klarifikasi dari DPP PDIP.

Mekanisme dan proses sanksi berdasarkan surat masuk dari DPC ke DPD serta menindaklanjuti ke DPP. Proses klarifikasi melalui rapat yang melibatkan DPC, DPD dan DPP selanjutnya dibawa ke rapat harian DPP untuk memutuskan sanksi,” kata Eddy Paripurna.

Pada klarifikasi yang dilakukan melalui telekonferen dengan jajaran DPC,
DPD dan DPP PDIP, Pudjo mengaku bahwa penentuan pilihan politik mendukung Gus Ipul didasarkan atas elektabilitas dan kapabilitasnya. Bahwa pilihannya tidak mendukung Cawali Teno karena dianggap tidak mampu membawa perubahan bagi Kota Pasuruan.

“Saya dan kader-kader PDIP adalah warga Kota Pasuruan yang berhak menentukan calon pemimpinnya. Melihat track record pemimpin sebelumnya, tidak mungkin saya memilih Cawali Teno. Saya dan kader PDIP bukanlah orang bodoh,” kata Pudjo Basuki.

BACA JUGA: Teno Tuding Fraksi di DPRD Hambat Pembagian Seragam Sekolah Gratis, Ketua FAP: Hoax

Atas pilihan politiknya, ia mengaku rela dan siap dipecat sebagai kader PDIP. Ia juga meminta kepada DPP PDIP untuk memecat seluruh kader PDIP yang saat ini berjuang memenangkan Cawali Gus Ipul.

“Saya sudah puluhan tahun berjuang untuk PDIP. Silahkan memecat saya, tapi saya punya tanggung jawab moral dan politik untuk menentukan masa depan Kota Pasuruan yang lebih baik,” tandas Pudjo yang mantan wakil walikota Pasuruan. (oni)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Tarif 4 Jalan Tol Ini Bakal Naik, Ada Tangerang-Merak hingga Pandaan-Malang

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebanyak empat jalan tol kelolaan PT Astra Infrastruktur bakal naik tarifnya dalam waktu dekat. Sebanyak empat ruas jalan tol tersebut...