Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsPolitikKulon Progo Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Geoportal Untuk ASN

Kulon Progo Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Geoportal Untuk ASN

NUSADAILY.COM – KULON PROGO – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menyelenggarakan bimbingan teknis pengolahan geoportal kepada aparatur sipil negara di daerah ini untuk mewujudkan satu peta satu data.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika Kulon Progo Rudiyatno di Kulon Progo, Rabu (22/9). Mengatakan bahwa informasi geoportal dapat diakses dan bermanfaat bagi masyarakat ataupun pihak-pihak yang berkepentingan terhadap data tersebut.

“Kami meminta aparatur sipil negara (ASN) peserta dapat mengikuti bimbingan teknis dengan sungguh-sungguh. Karena hasil data yang dibuat akan dapat dipantau secara nasional,” kata Rudiyatno.

BACA JUGA: Indocement Gelar Bimtek Bogor Kabupatenku Green and Clean

Ia mengatakan pengelolaan informasi data geospasial dan penggunaan aplikasi QGIS yang dikembangkan UGM untuk input data geoportal bermanfaat.

“Era keterbukaan informasi saat ini menjadi tuntutan untuk mewujudkan transparansi kebijakan daerah,” katanya.

Kepala Bidang APTIKA Diskominfo Kulon Progo Sutarman mengatakan bimtek dihadiri perwakilan OPD yang membidangi keperluan data dan peta.  Setiap peserta diwajibkan membawa laptop guna mempraktikkan dan mesimulasikan sesuai kesepakatan pada tahap pertama ini.

“Setiap peserta membawa data yang nantinya bisa diolah untuk bisa dimasukkan di satu peta geoportal Pemkab Kulon Progo,” ujar Sutarman.

Sutarman berharap geoportal di Kulon Progo dapat diterapkan dan memudahkan baik dari sisi aparatur, pengambilan kebijakan maupun sisi masyarakat, khususnya yang ingin mengakses data di Kabupaten Kulon Progo.

“Di era informasi ini yang berkaitan dengan geospasial ataupun informasi objek suatu penggunaan ruang sebaiknya bisa diakses dengan mudah melalui jejaring teknologi informasi, baik berupa data maupun informasi,” katanya.

Dosen Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Ibnu Rosyadi menjelaskan modul mulai dari tahap pembukaan aplikasi, teknis penginputan data-data hingga menjadi gambar peta, input data ke geoportal, sampai kepada teknis penyimpanan pada aplikasi QGIS.

Sistem informasi geoportal milik Pemkab Kulon Progo dapat diakses melalui website www.geoportal.kulonprogokab.go.id dimana pada laman tersebut secara jangka panjang akan dimanfaatkan untuk menyajikan katalog data dan informasi Geospasial dalam format asli maupun format saji di Kulon Progo.

BACA JUGA: Wow! Aset Tanah Obligor BLBI bakal Disita, Luasnya Setara 3 Kali Perum Pondok Indah

Dengan hadirnya geoportal, masyarakat Kulon Progo lebih dimudahkan memperoleh data dan informasi terkait aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek yang dinyatakan dalam koordinat tertentu. Bagi dunia pendidikan yang akan berkontribusi dalam penelitian dan pengembangan wilayah terbantu dengan hadirnya sistem ini.

“Selain itu Kemudahan akses data dan informasi geospasial akan menciptakan efisiensi dan efektifitas, baik waktu ataupun finansial pada proses penelitian. Ini dapat untuk mendorong akselerasi pembangunan wilayah secara berkelanjutan khususnya di wilayah Kabupaten Kulon Progo,” katanya.(int7)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily