Pimpin Apel, Bupati Magetan Pastikan Semua Pihak Siap

  • Whatsapp
operasi ketupat
Bupati Magetan Suprawoto membacakan amanar Kapolri dalam Apel Operasi Ketupat Semeru 2021, di halaman Mapolres Magetan. Rabu (05/05/2021). (Riyanto/nusadaily.com)
banner 468x60

Operasi Ketupat Semeru 2021

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Hari ini Rabu (05/05/2021) di seluruh Indonesia, serentak digelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021.

Kabupaten Magetan sendiri, apel berlangsung di halaman Mapolres Magetan dan dipimpin langsung oleh Bupati Suprawoto.

Baca Juga: Jadi Irup Apel, Bupati Sumenep Bacakan Amanat Kapolri

Untuk memastikan semua siap, Bupati Magetan Suprawoto mengecek secara langsung kesiapan seluruh personel maupun sarana dan prasarana.

Serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainya, dalam kesiapannya melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2021.

Baca Juga: Istri Bupati Magetan Positif Covid-19, Bupati Suprawoto Isolasi Mandiri

Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H yang tinggal menghitung hari.

Dalam pidatonya Bupati Suprawoto membacakan amanat Kapolri yang menegaskan bahwa, pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun ini.

Keputusan tersebut dinilai sudah sangat tepat, karena pertimbangan pengalaman sebelumnya, tren kenaikan kasus terjadi setelah pelaksanaan libur panjang tahun lalu.

Baca Juga: Penipuan Catut Nama Wakil Bupati Magetan Raup Belasan Juta

“Operasi Ketupat Semeru 2021, akan digelar selama 12 hari, mulai besok tanggal 6 hingga tanggal 12 Mei 2021. Personel yang dilibatkan TNI Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Jasa Raharja hingga Pramuka dan ormas,” kata Bupati Suprawoto.

Bupati Suprawoto juga menjelaskan, terdapat beberapa penekanan dari surat Kapolri yang dijadikan pedoman. Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi ini.

Baca Juga: Bupati Magetan Bakal Evaluasi Perpanjangan Izin Produksi Tambang Baru

Salah satunya yaitu, yang paling utama adalah siapkan mental, fisik dan kesehatan. Kemudian memetakan dinamika dan fenomena serta kepekaan dan kewaspadaan. Siap menghadapi kemungkinan aksi teror.

“Yang terpenting, dalam Operasi Ketupat Semeru tahun ini, lakukan pengamanan dengan profesional dan secara humanis,” pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Magetan: Jembatan Putus Akibat Banjir Segera Diperbaiki karena Akses Vital Ekonomi

Dalam apel tersebut Bupati Suprawoto secara simbolis menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat Semeru 2021 kepada petugas.

Selain itu diserahkan juga bantuan masker kain kepada perwakilan peserta apel pengamanan. (diskominfomagetan/ */nto/ark)