Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsPertahankan Opini WTP, BPIP Susun Pengendalian Internal

Pertahankan Opini WTP, BPIP Susun Pengendalian Internal

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Biro Pengawasan Internal, menggelar Workshop Strategi Peningkatan Maturitas SPIP di lingkungan BPIP tahun 2020 di Bogor, Jumat (4/9) kemarin.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sekretaris Utama BPIP DR.Drs Karjono, M.Hum dalam sambutan pembukaannya mengatakan melalui workshop ini berharap dapat mengetahui pengendalian yang harus dilakukan dan mengantisipasi resiko-resiko yang dapat terjadi di tengah pandemi Covid-19. Ia juga berharap dengan penerapan SPIP yang semakin kuat, sistem pengendalian di BPIP akan semakin baik sehingga dapat melakukan tugas dan fungsi dengan lancar.

“Kegiatan workshop SPIP ini mari sama sama dipahami untuk nantinya diimplementasikan secara sadar. Guna meningkatkan semangat dalam mempertahankan raport opini WTP dari BPK,” ucapnya.

Mantan Staf Ahli Kemenkumham itu juga mengajak seluruh elemen agar penerapan SPIP ini menjadi tanggungjawab bersama. Karena SPIP merupakan sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan. Pentingnya peran SPIP dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

BACA JUGA: Kepala BPIP Dorong Generasi Muda Gunakan Media Sosial untuk Bela Negara

“Marilah kita semua tidak main-main dalam bekerja, marilah kita kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Subdit Pengawasan Bidang Politik BPKP Made Suherni menjelaskan bahwa faktor sukses implementasi SPIP adalah keteladanan di semua level manajemen. Implementasi SPIP di lingkungan BPIP dinilai sangat bergantung kepada komitmen, teladan pimpinan serta dorongan dari seluruh elemen, pejabat dan pegawai instansi pemerintah.

“Diperlukan dorongan kuat dari pimpinan, terutama pejabat eselon 1 dan 2 sebagai pembawa kunci sukses terselenggaranya SPIP pada masing-masing unit kerja,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Pengawasan Internal BPIP, Abbas, SH.MH berharap dengan SPIP dapat menciptakan budaya pengawasan terhadap penyelenggaraan kegiatan. Sehingga dapat mendeteksi sejak awal tindakan yang berisiko menghambat dan menggagalkan pencapaian tujuan organisasi.

“Kegiatan workshop SPIP ini merupakan langkah nyata BPIP dalam menyusun strategi peningkatan maturitas SPIP sesuai amanat Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 pasal 58,” jelas Abbas.(sir/lna)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Kasus Kematian Mingguan Covid-19 di Indonesia Meningkat 31,53 Persen

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Jumlah kasus warga yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 31,53 persen dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data pemerintah, pada periode 12-18...